Pesantren An-Nawawiyah Majalengka

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren An-Nawawiyah Majalengka

Bermula berupa bangunan musholla yang dibangun oleh Almarhum Bapak H. Abdussalam (meninggal tanggal 02 Juli 1950) yang difungsikan sebagai tempat pengajian anak-anak.Pengajian sempat terhenti pada masa revolusi untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, karena keamanan dan kekosongan tenaga pengajar dan putra-putri Bapak H. Abdussalam yang dapat diandalkan saat itu meninggal mendahului beliau.

Pada tahun 1968 pengajian anak-anak dirintis kembali oleh Bapak H. Abdul Fattah H.S. (almarhum) yang waktu itu masih menjabat Kepala Desa Kawunggirang. Adapun tenaga pengajarnya adalah K.H. Anwar Yusuf atas bimbingan K.H. Ahmad Nawawi (meninggal pada tanggal 02 Juli 1975) yang juga putra Bapak H. Abdussalam. Dalam rangka membina kehidupan beragama dan pengembangan pengajian agama, maka dibuka pengajian routin / majlis ta’lim.

Pada tahun 1976 dibuka Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang mula-mula menumpang di Gedung SDN Kawunggirang, yang selanjutnya pada tahun 1977 dibangun Gedung Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang permanen dengan Kepala Madarasah yang pertama yaitu Drs. H.Z. Abidin Hasbari.Pada tahun 1983 dalam rangka menampung hasrat masyarakat terhadap pembinaan akhlaqul karimah bagi anak-anak generasi muda penerus bangsa, maka dibangunlah pondok pesantren khusus untuk santri putra dan pada tahun 1986 dibangun asrama untuk santri putri.

Dalam rangka membenahi organisasi penyelenggara yang bergerak dalam bidang pendidikan, maka dibentuk yayasan yang berbadan hukum, terdaftar pada notaris Ahmad Suseno, SH di Majalengka dengan akta notaris nomor : 08 tahun 1986 tanggal 24 Juni 1986 dengan nama YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ‘DARUSSALAM’. Pada tahun 1986 dibuka Madrasah Diniyah Awaliyah untuk menampung siswa SD dalam rangka memperdalam pendidikan agama yang telah diberikan di SD.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.