Pesantren Al Fatah Banjarnegara                       

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Al Fatah Banjarnegara                       

Profil

Pondok Pesantren Al-Fatah adalah salah satu pesantren yang dirintis dan didirikan pada masa penjajahan Belanda oleh As Syaikh KH. Abdul Fatah pada tahun 1901 sekembalinya beliau menuntut ilmu di Mekkah. Awal berdirinya pesantren ini adalah mengembangkan dakwah Islam Ahlussunnah wal Jama’ah berbasis pendidikan dengan menitikberatkan pada kajian kitab kuning sistem salaf guna mencetak generasi yang tafaqquh fiddin serta pengembangan aqidah & tasawuf yaitu Thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah.

Pada perkembangan berikutnya Pondok Pesantren Al-Fatah mendirikan Yayasan Pendidikan Al-Fatah yang bergerak di bidang formal maupun non formal (PAUD, RA/TK, MI, MTs, MA, SMK, Madin, Kejar Paket dsb). Sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman, di samping terus meningkatkan mutu serta kelengkapan sarana pra sarana Pondok Pesantren Al-Fatah juga tetap eksis melestarikan apa yang pernah dirintis oleh para pendahulu dan pendiri pesantren yakni memadukan kitab-kitab salaf dan kholaf.

Pengasuh PP Al-Fatah saat ini yaitu K. Nurul Huda Hasyim bersama KH. Bunyamin Hasan selaku sesepuh PP A- Fatah dan seluruh keluarga besar bani Fatah meneruskan perjuangan generasi sebelumnya yakni KH.Hasyim Hasan KH. Damanhuri, KH. Dailimi, KH. Hamzah, KH. Umar Soleh, KH.Hasan Fatah dan KH. Ridlo Fatah.
Salah satu kegiatan PP Al Fatah yang juga menjadi ruh dari pesantren ini adalah mempelajari kitab-kitab agama Islam seperti: Fiqh, Ushul Fiqih, Tauhid, Nahwu, Ahlak/Tasawuf, Tafsir, Mustholah Hadis dan sebagainya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.