Mengenal HTS, Proyek Kominfo untuk Broadband seluruh Indonesia

 
Mengenal HTS, Proyek Kominfo untuk Broadband seluruh Indonesia

High throughput  satellites (HTS) merupakan klasifikasi untuk satelit komunikasi yang menyediakan kapasitas akses data melalui satelit jauh lebih besar dari kapasitas satelit klasik yang ada pada saat ini walaupun dengan alokasi frekuensi yang sama pada orbit. Hal ini memberikan gambaran peluang dan senyum lebar bagi para stakeholder layanan akses data, baik industri, pemerintahan, operator, maupun masyarakat umum sebagai pengguna.

Apabila saat ini kapasitas maksimal throughput satelit klasik adalah 155 Mega bit per second (Mbps), melalui teknologi High Throughput Satellite (HTS), kecepatan akses data bisa mencapai 100 Giga bit per second (Gbps). Implementasi sistem High Throughput Satellite (HTS) dapat diterapkan pada semua jenis transponder, seperti Ka-Band, Ku-Band, dan C-Band.

ViaSat-1 dan EchoStar XVII (juga dikenal sebagai Jupiter-1) menyediakan kapasitas lebih dari 100 Gbit / s, yang lebih dari 100 kali kapasitas yang ditawarkan oleh satelit Ku-band konvensional. Ketika diluncurkan bulan Oktober 2011 ViaSat-1 memiliki kapasitas yang lebih (140 Gbit / s).

Satelit ini memanfaatkan frekuensi reuse dan beberapa blok untuk meningkatkan throughput  dan mengurangi biaya per bit. Komponen utama dalam mendesain HTS meliputi Spectrum, Throughput , Efficiency, Coverage, dan Architechture untuk dapat menghasilkan kecepatan maksimal hingga 100 Gbps.

Throughput merupakan kecepatan pengiriman informasi yang dipengaruhi oleh bandwidth (MHz) yang diasumsikan sebagai ukuran pipa dan efisiensi (bits/ second per MHz) yang diasumsikan dengan jumlah error dalam satu pipa.

Throughput menjadi penting disebabkan adanya kebutuhan yang meningkat secara cepat, adanya kebutuhan untuk menjadi solusi kebutuhan penyedia layanan akses data, serta adanya potensi pergantian role dalam infrastuktur telekomunikasi yang mana tidak terbatas kendala wilayah sebagaimana jaringan terestrial.

Sementara efisiensi akan memberikan layanan optimal sesuai target bisnis yang dituju, sehingga dapat memberikan pilihan harga termurah per user ataupun mengaktifkan layanan sesuai spesifik user yang dituju. Secara umum, efisiensi akan memberikan harga terminal di end-user menjadi lebih murah.

Menkominfo Rudiantara dalam satu kesempatan event market sounding proyek HTS pada akhir Juni kemarin menyatakan bahwa proyek HTS ini akan dapat mensolusikan seluruh sekolah yang tersebar di pelosok dan instansi-instansi lainnya seperti puskesmas, kantor desa, dan lain sebagainya yang tersebar menyeluruh di negara kepulauan Indonesia.