Berkunjung ke PBNU, TGB Diminta Jaga Tradisi

 
Berkunjung ke PBNU, TGB Diminta Jaga Tradisi

Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menerima kunjungan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/18). 

 

Sebagai Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, kunjungan TGB ke PBNU untuk bersilaturrahim dan menyampaikan terima kasih ke PBNU atas partisipasi aktif warga NU dalam membantu program-program pemerintahannya selama menjadi Gubernur NTB. 


TGB yang hadir bersama Gubernur NTB yang baru, Zulkiflimansyah langsung disambut oleh Kiai Said dengan didampingi Ketua PBNU H Robikin Emhas dan H Marsudi Syuhud, H Sultonul Huda, Sekjen H Helmy Faisal Zaini, dan Bendahara Umum H Ing Bina Suhendra. 


Pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu, keduanya membicarakan banyak hal, di antaranya tentang pentingnya mempertahankan tradisi keagamaan yang ada di Indonesia. Kiai Said menolak pihak-pihak yang tidak mengakomodir kebudayaan lokal. 


Menurut Kiai kelahiran Kempek, Cirebon, Jawa Barat itu, tradisi yang tidak bertentangan dengan syariat seperti tahlilan tidak boleh dihilangkan, bahkan tradisi dapat menjadi sumber hukum. "Tradisi bisa jadi sumber hukum," kata Kiai Said. 


Kiai Said meminta TGB agar turut serta menjaga tradisi yang telah berlangsung di Indonesia. "Pertahanankan tradisi,"  ucap Kiai Said. Sementara TGB yang mendengar permintaan tersebut langsung mengamini dengan menganggukkan kepala.