Menag Upayakan Pengangkatan 100 Ribu Guru PNS

 
Menag Upayakan Pengangkatan 100 Ribu Guru PNS

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin sedang mengupayakan pengangkatan 100 ribu guru pegawai negeri sipil (PNS). Pihaknya berharap upaya ini dapat direalisasikan tahun ini.

“Sedang diupayakan ada penambahan sekitar 100 ribu guru PNS secara nasional,” terang Menag saat berdialog dengan para Guru, Pengawas,  dan Dosen Pendidikan Agama Islam di Tangerang, pada Jumat (13/07).

Menurut pengakuannya, pihaknya terus berkoordinasi dengan jajaran Kemendikbud, kemenPAN & RB, dan Bappenas. Kemenag berupaya mendapatkan kuota pengangkatan PNS tersebut untuk guru madrasah Dan guru PAI. “Kita juga ingin mendapatkan itu,  mungkin sekitar 20 ribu untuk guru Kemenag,” tuturnya.

Pasalnya, tenaga pengajar Pendidikan Agama Islam yang jumlahnya terbatas, menjadi prioritas utama untuk ditambah. “Saya sudah tekankan,  kalau 20 ribu alokasi untuk Kemenag,  maka prioritas ada pada guru PAI untuk mendapat alokasinya,” sambungnya.

Hal itu juga sama dengan apa yang disampaikan Guru PAI SMKN 47 Jakarta Kamaludin, bahwa pada tahun 2019 banyak guru PAI SMK yang  memasuki masa pensiun. Sehingga menurutnya, keberadaan guru PAI sangat dibutuhkan.

“Tahun 2020, informasinya SMK di Jakarta akan ditambah menjadi 105 sekolah.  Saat ini baru 63. Guru PAI perlu segera diangkat,” paparnya. 

Pemaparan tersebut turut memperkuat pengangkatan guru PNS untuk segera direalisasikan.