Lima Cara Praktis Meningkatkan Produksi ASI

 
Lima Cara Praktis Meningkatkan Produksi ASI

LADUNI.ID - ASI merupakan santapan pertama dan utama bagi bayi baru lahir serta terbaik dan alamiah, mengandung semua zat gizi sesuai kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal. Permasalahan dalam pemberian ASI eksklusif adalah masih rendahnya pemahaman ibu, keluarga dan masyarakat tentang ASI. Kebiasaan memberi makanan atau minuman secara dini pada sebagian masyarakat juga memberi pemicu dari kurang berhasilnya pemberian ASI eksklusif.

Memberikan ASI eksklusif di enam bulan pertama kehidupan bayi adalah keinginan sebagian besar wanita yang baru saja melahirkan. Namun hal ini tidak semudah kedengarannya, karena banyak masalah yang mungkin terjadi selama menyusui. Salah satunya adalah produksi air susu ibu yang tidak mencukupi.

Penyebab produksi ASI sedikit

Dikutip dari  klikdokter.com,  Banyak hal yang dapat mengganggu produksi ASI. Menurut dokter spesialis anak konsultan di RSAB Harapan Kita, DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), masalah produksi ASI yang terganggu berhubungan dengan kondisi sang ibu itu sendiri.

“Ibu yang sedang stres atau lelah bekerja setelah cuti melahirkan, ibu yang sakit dalam kurun waktu tertentu sehingga tak dapat menyusui langsung, dan ibu yang merasa tidak nyaman secara psikologis karena mendapat tekanan dari keluarga ataupun lingkungannya berpotensi mengalami gangguan produksi ASI,” katanya saat memberikan penjelasan di acara Anmum #MumToMum di bilangan Jakarta, Rabu (1/8).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN