Kiai Said Nilai Pentingnya Membumikan Pancasila 

 
Kiai Said Nilai Pentingnya Membumikan Pancasila 

LADUNI.ID,Surabaya-Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj menilai Pasca Reformasi nilai-nilai Pancasila memulai memudar di tengah masyarakat. Karena itu menurut Tokoh yang berasal dari Cirebon tersebut pentingnya membumikan kembali nilai-nilai Pancasila ke tengah masyarakat. 

"Kita harus membumikan Nilai-nila pancasila karena saat ini sudah mulai memudar," kata Kiai Said dalam Diskusi Kebangsaan yang mengangkat tema “Aktualisasi Nilai Pancasila Dalam Mengembangkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa” yang diadakan Forum Komunikasi Kebangsaan dan Kebudayaan di Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (11/8). 

Diskusi kebangsaan itu juga menghadirkan Pengasuh Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan KH M Sholeh Bahruddin  dan Ketua Umum Pagar Nusa M Nabil Haroen. Selain acara diskusi kebangsaan, pada kesempatan itu dilakukan juga Ikrar Tokoh Lintas Agama yang dipimpin oleh Ustaz Yusuf dari Pondok Pesantren Ngalah Pasuruan

Soal Pancasila bahkan ini Kiai Said pernah mengeluarkan pernyataan yang sangat keras. Ketika itu dia meminta aparat menangkap pihak yang masih mempermasalahkan ideologi bangsa, Pancasila. Pasalnya menurut Said Aqil Pancasila sudah tidak bisa diganggu gugat. 

"Saya minta aparat bagi siapa yang mempermasalahkan Pancasila, tangkap! Jelas melanggar dasar Undang-Undang," kata Kiai Said 

Selain itu dia juga mendesak pihak yang tidak sepaham dengan Pancasila untuk tidak tinggal di Indonesia. Menurutnya bagi orang yang menolak Pancasila silakan angkat kaki dan hidup di Afganistas. 

"Untuk yang menerima Pascasila silakan hidup di Indonesia, tapi untuk yang menolak dan masih mempermasalahkan Pancasila, silakan hidup di Afghanistan," ujar Said.