NU Peduli Bergerak Mulai Tanggap Darurat sampai Rehabilitasi Trauma Korban Gempa Lombok

 
NU Peduli Bergerak Mulai Tanggap Darurat sampai Rehabilitasi Trauma Korban Gempa Lombok

LADUNI.ID, Mataram - Sebagai ungkapan keprihatinan yang mendalam terhadap tragedi gempa di Lombok Timur dan Lombok Utara, PWNU NTB bersama banom dan lembaga NU lainnya menggalang dukungan dan bantuan kemanusiaan untuk warga masyarakat yang terkena dampak gempa baik di Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat, Mataram dan Lombok Tengah.

Hal ini dilakukan karena masifnya dampak kerusakan dan korban jiwa akibat gempa tersebut. Ini bagian dari ikhtiar kaum Nahdliyin untuk meringankan beban penderitaan warga yang terdampak gempa itu.

Ketua Tim NU Peduli, Baiq Mulyanah mengatakan terhitung mulai hari Sabtu (11/8) sesuai perintah dari PBNU seluruh aktivitas bantuan kemanusiaan untuk gempa bumi di Lombok menggunakan satu pintu yakni 'NU Peduli' yang sekretariat utama atau Poskonya di Aula PW NU di Jalan Pendidikan Mataram.

"Ini untuk memudahkan koordinasi dan efektifitas penyaluran bantuan untuk korban gempa se pulau Lombok yang terdampak," ujar Baiq Mulyanah yang juga Rektor Universitas NU, Selasa (14/8)

Ia juga mengatakan, hingga saat ini NU Peduli sudah menyalurkan bantuan untuk gempa bumi di Lombok di puluhan titik korban gempa dalam bentuk paket sembako, makanan bayi, terpal, tikar, tenda dan lainnya.

"Untuk dapur umum, NU peduli sudah buka di desa Sigar Penjalin Lombok Utara dengan kapasitas tiga kali makan masing- masing 2000 hingga 4000 nasi bungkus per sekali masak," ujarnya

Selain itu, kata dia, NU peduli juga mendapatkan bantuan puluhan  tenaga medis, para medis serta psikolog trauma healing dari PWNU Jatim, PWNU Jateng, RS Kudus, PCNU Nganjuk, PCNU Boyolali, PWNU Bali, PCNU Sampang serta dari Universitas NU Jatim dan yang baru tiba rombongan dari Universitas Brawijaya/Pergunu Malang yang dipimpin Dr Eng Fadly Isman.

Bhakti sosial NU Peduli, anjut Baiq Mulianah tidak berhenti saat tanggap darurat usai seperti yang telah ditetapkan pemerintah. Hal ini karena NU Peduli akan terlihat pada upaya pasva tanggap darurat, khususnya yang menyangkut pemulihan trauma korban.

"NU Peduli sudah menerjunkan tim dokter, para medis dan trauma healing satu paket agar masyarakat bisa pulih dan bangkit untuk menyongsong masa depannya," tuturnya

Rektor Universitas NU juga melaporkan hingga saat ini saldo rekening di NU Peduli sejumlah Rp.274.577.875 yang bersumber dari donasi beberapa lembaga seperti Freeport , PT China Harbour Indonesia.

Pendek kata, NU Peduli akan transparan dan akuntabel dalam penggunaan dan pelaporannya," cetusnya

Selain itu, mulai besok NU Peduli akan menyalurkan 50 terpal yang berukuran 10x10 yang dipergunakan sebagai musholla di 50 titik diantaranya di Malaka, Gangga, Kayangan, Lekok, Pemenang.

"Selain itu, NU peduli juga akan mendroping 150 telpal untuk tenda yang memisahkan tenda perempuan, anak-anak dan lansia dan tenda khusus untuk penderita penyakit menular seperti TBC," katanya

Untuk kebutuhan air dan sanitasi , lanjut Baiq Mulyana , Team NU Peduli akan melakukan pemetaan udara lewat drone untuk menentukan titik-titik konsentrasi pengungsi yang selama minim dijangkau oleh bantuan kemanusiaan.

"Dalam waktu dekat NU Peduli akan melakukan pengeboran air di beberapa titik pengungsi di KLU yang Medan nya sulit dijangkau," pungkas Baiq Mulianah sembari menambahkan alat dan tenaga sumur bor dari NU peduli sudah siap bergerak.