Tujuh Pos NU Peduli Didirikan untuk Bantu Korban Gempa Lombok

 
Tujuh Pos NU Peduli Didirikan untuk Bantu Korban Gempa Lombok

LADUNI.ID-Lombok-Dua Bencana Gempa bumi mengguncang Lombok Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu. Akibat dua kali gempa besar 6,4 SR dan 7.0 SR menimbulkan kerugian sedikitnya Rp5,04 triliun dengan kerusakan paling parah di Kabupaten Lombok Utara, kemudian Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Kota Mataram. Gubernur Nusa Tenggara Barat TGB M Zainul Majdi memperpanjang masa tanggap darurat bencana hingga 25 Agustus 2018 mendatang. 

Akibat Gempa tersebut menurut data dari BNPB terdapat 458 orang meninggal dunia dan 1.406 jiwa mengalami luka-luka baik berat maupun ringan. Selain itu gempa Lombok tersebut juga memaksa 417.529 jiwa mengungsi dari tempat tinggalnya ke pengungsian yang lebih aman. Gempa Lombok juga menyebabkan 71.740 rumah dan 115 masjid mengalami kerusakan parah maupun ringan. 

Hingga Hari ini NU Peduli Lombok menjurut Sekretaris LPBI PBNU, Yayah Ruchyati memaparkan Tim NU Peduli sudah mendistribusikan bantuan di 4 wilayah di NTB (3 kabupaten, 1 kota) yang tersebar di 11 kecamatan 23 desa/dusun. NU sudah memberikan bantuan kepada para pengungsi dan kelompok rentan seperti difabel, lanjut usia, perempuan dan anak-anak dengan total sebanyak 4.000 jiwa.

Sejauh ini NU sudah mendirikan 7 Posko NU peduli. Satu Pos Induk NU Peduli yang bertempat di kantor PWNU NTB jalan pendidikan no 6 Kota Mataram. Kemudian Pos NU peduli 1 beralamat di Dusun Medas, Desa Obel Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Pos NU Peduli 2 di Dusun Bawaknao Desa Sajang Kecamatan Sambalun kabupaten lombokt Timur. Pos NU Peduli 3 yang berada di Desa Batukunbung Kecamatan Linsar Kabupaten Lombok Barat. 

Selanjutnya Pos NU Peduli 4 terletak di Dusun Trengan Lauq, Desa Pemenang Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara. Pos Nu Peduli 5 berada di Dusun Monggal desa Genggelang Kecamatan Ganga Kabupaten Lombok Utara, dan Pos NU Peduli 6 yang berada di Desa Kekit Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lomnok Barat 

Menurut Relawan NU yang berada di lokasi Kebutuhan mendesak saat ini adalah Makanan siap saji, air minum dan air bersih, makanan penambah gizi, tenda terpal, tikar dan selimut, perlengkapan ibadah, sajadah sarung dan mukena, kebutuhsan khusus perempuan, genset dan perlengkapan kelistrikan MCK Portable, Pelayanan kesehatan dan obat-obatan, dan pelayanan psikososial. 

Atas bencana gempa tersebut NU Peduli langsung mengerahkan relawan dari keluarga besar NU yang berjumlah total 265 orang. Relawan NU tersebut selalu berkoordinasi dengan BNPB dan BPBD NTB serta pemerintah dan aparat berwenang di NTB. 

Tim Relawan NU aktif membantu melakukan pencarian dan evakuasi, dan mendirikan dapur umum. Relawan NU juga menyalurkan makanan siap saji, mendirikan tenda pengungsiaan, mendistribusikan alas tidur dan selimut, melakukan kegiatan psikososial khususnya untuk anak-anak, mendistribusikan makanan penambah gizi khususnya untuk anak-anak, mendistribusikan pakaian dalam perempuan 
memberikan pelayanan kesehatan, dan mendistribusikan obat-obatan. 

Tim NU Peduli melibatkan sumber daya NU meliputi PCNU Lombok Timur, PCNU Lombok Utara, PCNU Lombok Barat , LPBI PWNU NTB, LAZISNU PWNU NTB, LPBI NU PCNU Lombok Barat, LPBI NU PWNU Bali, PMII NTB, LP Ma’arif Pusat, LP Ma’arif NTB, Muslimat NU NTB, Fatayat NU NTB, Banser NU NTB, GP Ansor NTB, Pagar Nusa NTB, IPNU IPPNU NTB, PWNU Bali, PWNU Jawa Timur.

Selain itu turut terjun ke lapangan PCNU Nganjuk, PCNU Ponorogo, PCNU Kudus, PCNU Mojokerto, PCNU Lamongan, RSNU Demak, RS Nasrul Ummah Lamongan, Unusa, UNU Mataram, Bagana Jawa Tengah, dan Unisma