Silaturahim NU Sedunia XVII: Islam Nusantara dari NU untuk Perdamaian Dunia

 
Silaturahim NU Sedunia XVII: Islam Nusantara dari NU untuk Perdamaian Dunia

LADUNI.ID, Jakarta -  Agenda tahunan silaturahim Nahdliyyin sedunia kembali digelar di Makkah Al Mukaramah pada Sabtu, 18 Agustus 2018 , Silaturahim NU sedunia ke XVII kali ini akan dirangkaikan sekaligus dengan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) bertempat di Hotel Wihdah Tower, Biban Jarwa 1103-A Makkah Al Mukaramah.

Sebelumnya Sekjen PBNU HA Helmy Faishal Zaini mengatakan pertemuan ini akan dihadiri oleh kader-kader NU yang berdiaspora dan berkiprah di berbagai belahan dunia. Silaturahim NU Sedunia ke XVII dan MKNU bertema Islam Nusantara dari NU untuk Dunia.

“Kami ingin mengukuhkan semangat Islam Nusantara sebagai jalan untuk menuju perdamaian dunia,” kata Sekjen Helmy dalam rilisnya Rabu (15/8).

Peran NU dalam mewujudkan perdamaian masyarakat internasional sangat diharapkan oleh semua pihak, hal ini ditegaskan Katib Am PBNU KH Yahya Cholil Staquf di pertemuan dalam rangka Silaturahim NU se Dunia Ke-17 di Hotel Al-Wihdah Jarwal Mekkah Saudi Arabia, Sabtu (18/08).

Menurut putra almagfurlah KH Cholil Bisri ini, kira-kira dalam empat tahun terakhir ini dunia mengalami ketegangan yang luar biasa. Di seluruh dunia terjadi polarisasi ketegangan. "Dunia sekarang merindukan kekuatan rekonsiliatif," tegas Kiai asal Rembang ini.

KH Yahya Cholil juga bercerita, dirinya diberi nasehat oleh Mustasyar PBNU KH Maimun Zubair bahwa kita harus memberi contoh teladan kepada dunia.

"Tentang Bhinneka Tunggal Ika. Bahwa kita dalam keadaan berbeda tapi tetap dalam persatuan," terang kiai yang akrab dipanggil Gus Yahya menyampaikan pesan KH Maimun Zubair.

Pertemuan tersebut hadir sejumlah tokoh dan kiai, termasuk Rois Aam PBNU KH.Maruf Amin, Katib Aam Syuriyah PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Menristekdikti Prof Muh. Nasir,

KH Kafabih Mahrus, TGH Turmudzi Badarudin, KH Agoes Ali Masyhuri, Ustadz Yusuf Mansyur, Habib Zen bin Smith dan 36 PCINU se-dunia. Acara ini juga dihadiri para anggita DPR RI, Bupati Banyuwangi, Bupati Serang dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Emil Dardak, dan beberapa Dubes RI, diantaranya:

Dubes RI untuk Saudi Arabia Agus Maftuh, Dubes RI untuk Mesir Helmi Fauzi, Dubes RI untuk Libanon H Chozin Chunaedi, Dubes Azarbaijan  Husnan Fanani,