Seputar Takbir Hari 'Id

 
Seputar Takbir Hari 'Id

Oleh: Ustadz Faris Khoirul Anam

ASWAJA Center PWNU Jawa Timur

 

Takbir ‘Id terbagi menjadi dua, yaitu:

Pertama: takbir mursal atau takbir muthlaq: yaitu takbir yang tidak terikat dengan shalat (boleh bertakbir di setiap saat). Takbir ini terdapat pada Idul Fitri dan Idul Adha.

Waktunya: sejak terbenamnya matahari di malam hari raya hingga saat berihram untuk Shalat ‘Id.

Dalam al-Majmu’, Imam Nawawi menjelaskan:

التكبير نوعان مرسل وهو المطلق ومقيد. فالمطلق هو الذي لا يتقيد بحال بل يؤتى به في المنازل والمساجد والطرق ليلاً ونهاراً مشروع في العيدين جميعاً) المجموع للنووي 5/32(

“Takbir itu ada dua, mursal yaitu muthlaq dan muqayyad. Takbir muthlaq adalah yang tidak terikat dengan suatu keadaan, namun dapat dikerjakan di rumah-rumah, di masjid-masjid, di jalan-jalan, baik malam maupun siang. Takbir ini disyariatkan pada dua hari raya semuanya.” (al-Nawawi, al-Majmu’, jilid 5, hal. 32)

Dalil takbir muthlaq pada hari raya Idul Fitri adalah firman Allah:

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ (البقرة: 185)

Sedangkan takbir muthlaq pada hari Raya, masuk dalam konteks beberapa riwayat berikut ini:

كان ابن عمر يكبر في العيدين جميعا. (رواه أحمد)

“Ibnu Umar bertakbir pada dua (malam) hari raya semuanya.” (HR. Ahmad)

Diriwayatkan pula tentang Ibnu Umar:

أنه كان يخرج للعيدين من المسجد فيكبر حتى يأتي المصلى، ويكبر حتى يأتي الإمام) أخرجه الدارقطني وابن أبي شيبة(

“Bahwa beliau keluar untuk dua hari raya dari masjid, lalu bertakbir sampai datang ke tempat shalat. Beliau bertakbir sampai datangnya imam.” (HR al-Daruquthni dan Ibnu Abi Syaibah).

Kedua, takbir muqayyad: yaitu terikat dengan shalat, dibaca tiap selesai melaksanakan shalat, baik shalat wajib maupun sunnah, baik shalat adaa’ (tunai) maupun qadla ataupun shalat jenazah. Macam takbir yang kedua ini hanya terdapat pada Idul Adha.

Waktunya: sejak Subuh tanggal 9 Dzul Hijjah hingga Ashar tanggal 13 Dzul Hijjah (akhir hari tasyriq).

Imam Nawawi menyebut, keberadaan takbir muqayyad ini merupakan kesepakatan atau konsensus para ulama. Beliau menjelaskan:

وأما التكبير المقيد فيشرع في عيد الأضحى بلا خلاف بإجماع الأمة.

“Adapun takbir muqayyad maka disyariatkan pada Idul Adha tanpa adanya khilaf, yakni kesepakatan umat Islam.”

Beberapa dalilnya adalah sebagai berikut:

عن جابر رضي الله عنه قال: إن رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا صلى الصبح من غداة يوم عرفة أقبل على أصحابه فيقول: على مكانكم ويقول: الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد فيكبر من غداة عرفة إلى صلاة العصر من آخر أيام التشريق. (أخرجه الدارقطني)

Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, “Sesungguhnya Rasulullah Shallalallahu ‘alaihi Wasallam saat usai shalat Subuh di pagi hari Arafah, beliau menghadap ke arah sahabat dan mengatakan, ‘Tetaplah di tempat kalian, lalu beliau membaca: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Lailaha illallah Wallahu Akbar, Allahu Akbar wa Lillahil Hamd. Beliau bertakbir dari pagi hari Arafah itu sampai Shalat Ashar akhir hari Tasyriq.” (HR. al-Daruquthni)

عن علي رضي الله عنه أنه كان يكبر من صلاة الفجر يوم عرفة إلى صلاة العصر من آخر أيام التشريق ويكبر بعد العصر (أخرج البيهقي والحاكم)

“Diriwayatkan dari Sabahat Ali Radhiyallahu ‘anhu bahwa beliau bertakbir dari Shalat Subuh hari Arafah sampai Shalat Ashar dari akhir hari Tasyriq (13 Dzulhijjah, penj) dan bertakbir bakda Ashar (pada akhir hari tasyriq tersebut, penj).” (HR al-Baihagi dan al-Hakim)

Kesimpulannya, takbir mursal ada pada dua malam hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, sedangkan takbir muqayyad hanya khusus mengiringi Idul Adha – sesuai waktu-waktu yang telah disebutkan di atas. Dengan ujaran lain, pada hari Raya Idul Fitri hanya ada takbir muthlaq, sedangkan pada “rangkaian sebelum, ketika, dan sesudah” hari Raya Idul Adha terdapat dua macam takbir sekaligus, yaitu muthlaq dan muqayyad.

Wallahu a’lam.

(Dikuti dari buku Fikih Praktis: Mengenal Tatacara Bersuci, Shalat, Puasa, dan Zakat, oleh Faris Khoirul Anam)

 

 

Tags