Pesantren Riyadlotul Uqul Nampudadi Kebumen

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0.
 
Pesantren Riyadlotul Uqul Nampudadi Kebumen

Profil

Pondok Pesantren Riyadlotul ‘Uqul adalah suatu lembaga pendidikan non-formal dengan titik focus pembelajaran ke-agamaan dengan teori dan praktek ahlul sunnah waljama'ah. Beralamatkan di Dukuh Kalirau, Desa Nampudadi, Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Sebagai salah satu pondok yang masih mempertahankan kesalafannya, Pondok Pesantren Riyadlotul 'Uqul juga terkenal unggul dalam metode dan pembelajaran-nya pada Fan Ilmu Alat (Nahwu-Sorof). Seperti halnya Nahwu Sorof adalah ilmu untuk mempelajari gramatika bahasa Arab, oleh sebabnya Ilmu Nahwu Sorof disebut juga ilmu alat yakni Alat/perantara untuk mempelajari dan memfahami makna Al-Qur'an, Hadits, Fiqih, dan lain-lain.

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA PONDOK PESANTREN RIYADLOTUL 'UQUL

Pondok Pesantren Riyadlotul ‘Uqul didirikan oleh Almukarom Romo K.H Ahmad Zainudin Saifulloh pada tahun 1958, selepas beliau mukim dari Pondok Pesantren “AL-FALAH” Ploso, Mojo, Kediri. Jumlah santri awal ketika Pondok Pesantren Riyadlotul ’Uqul didirikan sebanyak 4 orang santri. Dari hari kehari jumlah santri semakin bertambah banyak hingga mencapai 500 orang, sehingga dibangunlah asrama baru untuk menampung para santri.

Santri Pondok Pesantren Riyadlotul ’Uqul saat ini selain berasal dari beberapa kecamatan di kabupaten Kebumen, juga berasal dari daerah-daerah di luar kabupaten Kebumen, seperti Cilacap, Banyumas, Brebes, Pemalang, Purbalingga, Purworejo bahkan dari luar provinsi Jawa Tengah seperti dari Ciamis, Banjar Patroman, Jember, Riau, Jambi, Palembang, Lampung, Nusa Tenggara, Kalimantan dan beberapa daerah lainnya.

TUJUAN

Tujuan pendidikan di pondok pesantren Riyadlotul ‘Uqul Nampudadi yaitu membentuk kepribadian muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, bermanfaat bagi masyarakat, berhidmah kepada masyarakat serta mampu berdiri sendiri dan memiliki keteguhan hati dalam menjalankan syariat islam.

1. Mendidik para santri untuk menjadi seorang muslim dan bertakwa kepada Allah SWT. Berakhlak mulia, memiliki kecerdasan, kemandirian, menekankan hidup mandiri , terampil dan bergotong royong.

2. Mendidik santri untuk menjadi muslim selaku kader-kader ulama dan mubligh yang berjiwa ikhlas, tabah dan tangguh.
Mendidik santri agar menjadi tenaga-tenaga yang cakap dalam berbagai sector, khususnya pembangunan mental dan sepiritual.

3. Mendidik santri untuk membantu meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat lingkungan dalam rangka usaha pembangunan masyarakat.

4. Menyadarkan santri akan keberadaan dan pemanfaatan alam yang dengan berbagai rahasia yang ada didalamnya untuk digali dan dimanfaatkan bagi kesejahteraan manusia.

5. Memberikan pengetahuan tentang ajaran islam dengan sejelas-jelasnya secara bertahap untuk masyarakat melalui pendidikan pesantren sehingga masyarakat umum dan khususnya sekitar pesantren dapat hidup rukun, damai dan taat kepada Allah SWT.

Maka dari beberapa poin tujuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran di Pondok Pesantren Riyadlotul ‘Uqul Nampudadi Petanahan Kebumen yaitu membentuk kepribadian muslim yang menguasai ajaran-ajaran islam dan mengamalkannya, sehingga bermanfaat bagi agama, masyarakat dan Negara.

Pendiri
1. KH. Ahmad Zainuddin Saifulloh
2. Ny. Hj. Musrifah

Pengasuh

1. Ny. Hj. Ning Malikhah
2. KH. Imam Djurjani

Dewan Pengasuh

1. K. Agus Sirojul Fuad
2. Ny. Ning Hisna Anirotul Hikmah
 

Pendidikan

Pendidikan Non formal

  1. Tahfidzul Al Qur'an
  2. Madrasah Diniyah
  3. Rombongan
  4. Kajian Kitab Kuning
  5. Musyawaroh
  6. Bahtsul Masa’il
  7. Lalaran

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Al-Qur'an
  2. Pengajian Kitab Kuning
  3. Seni Hadrah
  4. Paduan Suara
  5. Khitobah
  6. Wirausaha
  7. Wirausaha : Budidaya Jamur tiram, Pertanian, Tata Boga, Marketing dll


 



Fasilitas

A. Fasilitas pendidikan

 

1) Masjid : 1 lokal
2) Mushola putri :1 lokal
3) Asrama Putra : 17 kamar
4) Asrama Putri : 14 kamar
5) Kantor Pengurus : 4 kamar
6) Aula Pertemuan : 2 lokal
7) Madrasah Diniyyah : 7 kelas
8) Madrasah Tsanawi : 5 kelas

 

B. Fasilitas penunjang

1) Dapur : 3 lokal
2) Kamar mandi : 9 lokal
3) Toilet : 5 lokal
4) WC Kencing : 8 lokal
5) Gudang : 3 lokal
6) Koperasi : 2 lokal
7) Komputer : 1 unit

 


 


Alamat
Desa Nampudadi, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
Kode Pos:  54382

Sosial Media : www.pondoknampudadi.com

 


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.