Pesantren Al Arifiyah Kota Pekalongan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al Arifiyah Kota Pekalongan

PROFIL

Ponpes Al Arifiyah adalah sebuah institusi pendidikan khas Indonesia yang dirikan oleh syaikhina KH. Zainal Arifin, bertempat di Dk. Blarakan, Kel. Kebulan Kec. Pekalongan Barat Kota Pekalongan (Jl. Darma Bakti Gg 12 Kebulen Kota Pekalongan. Pondok dengan santri kurang lebih Putra dan putri 150 santri, terdiri dari santri yang dibarengi dengn sekolah umum dan hanya salaf, pesantren Al Arifiyah, lebih mengedapankan pelajaran metode pembacaan kitab kuning dan Al Qur'an.

Karena kedua ilmu itu menjadi dasar untuk memahami kitab kitab lain yang sebanding maupun yang levelnya diatasnya, karena ilmu nahwu dan shorof menjdi induk dari ilmu ilmu yang dilahirkan oleh santri2 yang sudah mumpuni dalam pemikiran dan olah bahasanya. Nama Al-Arifiyah dipilih muasis (pendiri) dengan harapan agar mutakhorijin (alumni) benar-benar menjadi orang yang ma’rifat. Sang muassis ingin mewujudkan harapannya dengan menerapkan pada jenjang pendidikan santri, peraturan serta ditunjang dengan mujahadah dan riyadhoh

Batas-batas komplek Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah adalah sebagai berikut: Sebelah Utara berbatasan dengan kampung Pulo Baru Landungsari, Sebelah Selatan berbatasan dengan Blarakan Kidul, Sebelah Barat berbatasan dengan Masjid Kebulen, Sebelah Timur berbatasan dengan Pasar Grogolan.

Dengan kondisi geografis tersebut, santri Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah dapat melakukan kegiatan di Pondok Pesantren dengan baik dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat dalam rangka pengalaman dan dakwah Islam, serta dapat memotivasi diri untuk lebih kompetitif dan berpartisipasi di berbagai bidang. Tujuan didirikannya Pondok Pesantren Salaf Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah adalah untuk membantu program pemerintah dalam bidang pembangunan manusia seutuhnya, dan memberikan pendidikan Agama Islam kepada masyarakat.

Pendiri
KH. Zainal Arifin
Pengasuh
KH. Zainal Arifin

PENDIDIKAN

Unit Pendidikan
1.Madrasah Diniyah
2.Tahfidz Alqur’an
3.Majelis Taklim
4.Mujahadah
5.Pesantren Kilat

EKSTRAKURIKULER

1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. Bahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Qashidah dan Marawis
7. Pengembangan Seni Beladiri
8. Pengembangan Seni Drumband
9.Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

FASILITAS
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, aula, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

ALAMAT
Jl. Dharma Bhakti Gang 12 No. 29 Rt. 01/Rw. 05 Desa Blarakan, Kelurahan Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.