Pesantren Dar al-Tauhid Cirebon

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Dar al-Tauhid Cirebon

Profil
Pesantren ini didirikan oleh K.H. Sanawi bin Abdullah bin Muhammad Salabi, ayah KH.Syathori. Tahun didirikannya tidak diketahui secara persis, tapi kemungkinan pada awal dekade abad XX, karena kepulangan K.H. A. Syathori dari pengembaraan pencarian ilmu pengetahuan tercatat pada tahun 1932. ketika itu, aktivitas pesantren sudah diawali oleh sang ayah beberapa tahun sebelumnya. Eksistensi dan aktivitas pesantren terlihat lebih jelas ketika dipegang oleh KH. A. Syathori yang kemudian mencapai puncak kemajuannya pada tahun 1953-1970.

beberapa pengembangan dan pembaharuan, baik fisik maupun akademik pesantren dilakukan oleh beliau. Pertama kali didirikan madrasah wathoniah, yang bisa berarti sekolah nasional atau sekolah lokal. Disebut demikian, diantaranya karena pembantu pengajar pada saat itu adalah sepenuhnya dari daerah lokal (Abna Al-Wathon) sekitar pesantren, atau untuk mengenang perjuangan kebangsaan (Wathoniyyah) yang dikobarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari bersama ulama-ulama lain, termasuk KH. A. Syathori.

Di tangan KH. A. Syathori, bangunan fisik pesantren mengalami berbagai renovasi. Yang semula hanya satu dua kompleks, kemudian menjadi delapan kompleks. Penamaan kompleks juga menarik, dengan menggunakan abjad latin; A,B,C,D,E,F,G dan H. tidak menggunakan nama atau abjad arab. Mushalla juga dipindah ke tempat lain dengan bangunan yang lebih luas. Sedangkan musholla pertama dijadikan kompleks asrama dengan nama kompleks H.

Pengasuh pertama pesantren ini adalah KH. Sanawi bin Abdulah, kemudian KH. A. Syathori sampai ntahun 1969. ketika KH. A. Syathori wafat pada hari kamis tanggal 19 Februari 1969, umur putra beliau (KH. Ibnu Ubaidillah ) baru 20 tahun dan dalam sedang proses belajar, sehingga untuk sementara kendali pesantren dipegang bersama-sama oleh para menantu KH. A. Syathori, yaitu KH. A. Baidlowi, KH. Muhammad Asyrofuddin dan KH. Mahfudz Thoha, Lc Sejak KH. Ibnu Ubaidillah pulang ke tanah air pada tahun 1981 sampai sekarang, kepimpinan pesantren dipegang beliau dengan dibantu oleh kakak- kakak dan beberapa keponakan beliau : Prof. Dr. KH. Khozin Nasuha, Drs. KH Husein Muhanmmad, KH. A. Zaeni Dahlan, Dr. KH. Ahsin Sakho, Kyai Luthfillah Baidlawi dan KH. Mahsun Muhammad, MA.

Visi dan Misi
Visi
Mencetak generasi bangsa yang berilmu, gemar beramal, dan bertaqwa dilandasi Akhlakul Karimah serta menjadi tempat pendidikan yang berkualitas di Indonesia.
Misi
1. Menumbuhkan budaya ilmu, amal dan taqwa serta akhlakul karimah pada jiwa santri dalam pengabdiannya kepada agama dan masyarakat.
2. Menjaga Kualitas Pendidik dengan memberikan training yang dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam pengajaran dengan anak didiknya.
3. Menjaga ke-professional pendidik dengan fokus pada kompetensi yang diajarkan kepada anak didiknya.
4. Service excellence kepada lingkungan sekitar pesantren, orang tua siswa/santri yang sedang mengunjungi anaknya serta kepada peserta

Pendidikan
1.TK,
2. Madin,
3. SMP,
4. MA,
5. Ma'had Aly,
6. SLB

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Tahfidz Alqur'an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Bahtsul Masail
5. Tahfidz al-Qur’an
6. Diskusi Ilmiah 
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OMIM
14. Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16. Olahraga
17. Kaligrafi

Alamat
Jl. KH. Syatori No. 10-36, Arjawinangun, Cirebon 45162
Telepon:(0231) 8665264-8665270
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://daraltauhid.com

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.