Kalahkan Universitas Brawijaya, UGM Juara Umum Pekan Ilmiah 2018 

 
Kalahkan Universitas Brawijaya, UGM Juara Umum Pekan Ilmiah 2018 

LADUNI.ID,Yogyakarta - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta berhasil keluar sebagai juara umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 yang yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta sejak 29 Agustus hingga 1 September 2018. UGM mengalahkan Universitas Brawijaya dalam prolehan medali dan harus puas di posisi kedua PIMNAS. Posisi ketiga ditempati oleh Universitas Dipenegoro. 

Pengumuman itu disampaikan pada pada acara penutupan PIMNAS yang digelar pada Sabtu (1/9) malam di Gedung Olahraga UNY. Gelar tersebut diperoleh UGM setelah melalui perhitungan dewan juri PIMNAS dengan mendapat perolehan medali sebanyak 10 emas 3 perak, dan 5 perunggu. Hal itu masing-masing didapat dari dua kategori yang dinilai, yakni poster dan presentasi.

Pada kategori poster, UGM mendapat sebanyak 3 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Tiga medali emas disumbang olehtim PKM-PSH, PKM-KC, dan PKM-M. Satu medali perak disumbang oleh PKM-M. Lalu, tiga medali perunggu didapat dari PKM-PE 2 medali, dan PKM-M 1 medali.

Sementara pada kategori presentasi, UGM memperoleh 7 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Tujuh medali emas masing-masing disumbang oleh PKM-PSH 1 medali, PKM-PE 2 medali, PKM-KC 1 medali, PKM-K 1 medali, PKM-M 1 medali, dan PKMGT  1 medali. Dua medali perak disumbang oleh PKMPE dan PKM-GT. Terakhir, dua medali perunggu diraih oleh PKM-PE dan PKM-M.

Dengan perolehan tersebut, UGM berhak menyandang gelar sebagai juara umum sekaligus berhak menyimpan kembali piala bergilir PIMNAS, yang tahun sebelumnya diraih UB. Gelar Juara Umum PIMNAS kali ini merupakan yang keenam kalinya. UGM sebelumnya pernah juara umum pada edisi tahun 2006, 2007, 2010, 2011, dan 2014. Dengan gelar ini, UGM menyamai rekor  UB dengan sama-sama memperoleh predikat juara umum PIMNAS sebanyak enam kali.

Sekretaris Jenderal Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. AinunNa’im, menyatakan selamat atas keberhasilan UGM itu.Namun, ia juga menyatakan bahwa semua peserta yang mengikuti PIMNAS adalah juara.

“Hal itu karena usaha mereka untuk sampai di sini tidak mudah. Mereka hadir di sini setelah menyisihkan saingan mereka dari seluruh Indonesia. Mereka adalah mahasiswa-mahasiswi terpilih,” tegasnya.

Oleh karena itu, Ainun menyatakan bahwa peserta yang belum memperoleh medali pada tahun ini agar jangan berkecil hati. “Jadikan ini sebagai pelajaran untuk lebih sukses pada masa yang akan datang,” ujarnya.

Ia kemudian menyampaikan harapannya terkait gelaran PIMNAS kali ini. “Semoga dengan ini dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah, inovasi, serta daya saing perguruan tinggi di Indonesia,” pungkasnya sekaligus menutup rangkaian PIMNAS tahun ini.