Hikmah dan Keutamaan Membaca Doa Awal Tahun Hijriyah

 
Hikmah dan Keutamaan Membaca Doa Awal Tahun Hijriyah
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Islam mengajarkan kepada umatnya agar memulai sesuatu dengan doa dan diawali dengan permulaan yang baik. Anjuran ini agar segala hal yang dilakukan bisa berjalan dengan baik, penuh berkah dan dirahmati oleh Allah SWT.

Demikian pula dalam menyambut awal tahun baru Hijriyah di tanggal 01 Muharram perlu diawali dengan permulaan yang baik. Salah satu kebaikan awal yang harus dilakukan dalam menyambut tahun baru Hijriyah adalah dengan membaca doa awal tahun.

Di dalam Kitab Kanzun Najah was Surur, Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Kudus bin Abdil Qadir menerangkan bahwa jika kita membaca doa awal tahun ini, kita akan terjaga dan aman dari godaan setan dan para pengikutnya, karena Allah akan menugaskan dua Malaikat untuk menjaganya.

مَنْ يَقْرَأُهَذَا الدَّعَاءَ فِي اَوَّلِ يَوْمٍ مِنَ الْمُحَرَّمِ ثَلَاثًا، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَقُوْلُ: اِسْتَأْمَنَ عَلَى نَفْسِهِ وَتَوَكَّلَ بِهِ مَلَكَانِ يَحْرُسَانِهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاتِّبَاعِهِ

"Barang siapa membaca doa ini tiga kali di awal hari dari Bulan Muharram, maka setan berkata: 'ia telah memohon penjagaan dan telah berserah diri, maka dua Malaikat akan menjaganya dari godaan setan dan para pengikutnya."

Dengan membaca do'a awal tahun kita mengharapkan agar Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita serta kita memohon agar seluruh amal dan ibadah yang akan kita kerjakan di tahun berikutnya mendapat keberkahan dan keridhoan Allah SWT.

Berikut adalah doa awal tahun sebagaimana tercatat di dalam kitab Kanzun Najah was Surur karya Syaikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Kudus bin Abdil Qadir.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّي اللّهُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اللّهُمَّ أَنْتَ الآَبَدِيُّ القَدِيْمُ الآَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وُجُوْدِكَ المُعَوَّلِ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ نَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلَي هَذِهِ النَّفْسِ الآَمَّارَةِ بِِاالسُّوْءِ وَالإِشْتِغَالِ بِمَايُقَرِّبُنِي إِلَيْكَ زُلْفَي يَاذَالجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ يَاأَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ وَصَلَّى اللّهُ عَلَى سَيِّدِنّاوَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَ سَلَّمَ

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam  tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta para keluarganya dan sahabatnya"

Doa ini dibaca setelah melaksanakan shalat Maghrib pada malam awal tanggal 01 Muharram sebanyak tiga kali.

Semoga Allah akan memberikan perlindungan dan pertolongan-Nya dari segala macam bencana dan godaan setan. Sehingga dalam tahun ini, kita akan lebih baik, penuh berkah, bahagia dan merasa tentram lahir batin. Amin. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 27 Juli 2022. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Editor: Hakim