Pesantren Hubulo Gorontalo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Hubulo Gorontalo

PROFIL

Lahir gagasan untuk mendirikan Pondok Pesantren, Balai Pendidikan Islam, didasarkan atas keprihatinan Bapak Drs. Thayib Muhammad Gobel atas kenyataan bahwa, mayoritas masyarakat Gorontalo memeluk Agama Islam. Kehidupan sehari hari senantiasa bernafaskan Islam. Majelis majelis ta’lim, taman taman pengajian, senantiasa tidak sepi dari pengunjung. Akan tetapi ironisnya, Kiyai dan Ulama yang ada semangat sedikit jumlahnya, bahkan Lembaga Lembaga Pendidikan semacam Pesantren, sebagai tempat mencetak Ulama dan kader kader muslim yang ada di Gorontalo tidak memadahi jumlahnya, dibandingkan dengan kebutuhan yang ada.

Oleh karena itu, persoalan idealisme ini masih menjadi asa yang belum terwujudkan, sehingga masih terasa mengganjal sampai menjelang wafat beliau.Beliau dihadapkan dengan dua panggilan dilematis, panggilan menghadap Allah yang tidak bisa ditunda, dan panggilan untuk menegakkan Agama Islam (mendirikan Lembaga Pendidikan Islam) pondok pesantren.

Panggilan pertama sudah beliau jawab sendiri, sedangkan panggilan kedua, beliau wasiatkan kepada putra putrinya untuk menjawabnya. Sebagai putra putri yang berbakti kepada kedua orang tuanya maka wasiat dan amanat Almarhum betapa beratnya tetap diusahakan untuk bisa diwujudkan, walau dengan bekal yang serba terbatas, terutama ditinjau dari pengalaman.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.