Biografi Imam Ahmad bin Muhammad Al-Habsyi Shahib Syi’ib

 
Biografi Imam Ahmad bin Muhammad Al-Habsyi Shahib Syi’ib
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Ahmad bin Muhammad Al-Habsyi Shahib Syi’ib

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau
2.2       Murid Beliau

3.         Teladan
3.1       Selalu Membela yang Benar

4.         Karamah Beliau

5.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliaulah sosok Ulama Besar, lautan cahaya yang deras, sosok bekal bagi orang-orang yang lemah dan pengayom orang-orang miskin, Syeikh Al Kabir, Imam Arif Billah Syihabudin Ahmad bin Muhammad bin Alwy bin Abu Bakar Al Habsyi bin Ali bin Sayyidina Faqihul Muqoddam.

1.         Riwayat Hidup dan Keluargai
1.1       Lahir

Beliau Imam Ahmad bin Muhammad Al Habsyi Shahib Syi’ib lahir di kota Tarim.

1.2       Wafat

Diakhir umurnya, Beliau menetap di Husaisah berdekatan dengan makam Imam Ahmad bin Isa Al Muhajir. Disana Beliau menjadi tempat tujuan bagi para pendatang dan tamu. Beliau menetap disana sampai wafat pada th 1038 H.

1.3       Keluarga

Beliau memiliki 15 orang putera dan 14 puteri, dari anak puteri yang diketahui bernama Fatimah di Tarim, Talha di Bor dan Muznah di Syibam, diantara putera Beliau adalah Al Hasan, Ibunya berasal dari keluarga Ba Ahmad sebuah kabilah yang terkenal.

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

Diantara guru-guru Beliau adalah Imam Abdurrahman bin Syihabudin, Al Arif Billah Abu Bakar bin Ali Khirid Ba’alawy, Sayyid Jalil Muhammad bin Agil Madehij dan Syeikh Abu Bakar bin Salim Shohib Inat.

Beliau bersahabat erat dan saling berdampingan dengan Sayyid Abdulloh bin Salim Maula Khailah, satu sama lain saling menimba ilmu dan manfaat dari temannya. Keduanya berangkat dengan penuh keikhlasan menuju Haromain. Keduanya menimba ilmu di Yaman dan Haromain dari beberapa ulama yang banyak. Diantara guru mereka adalah Imam Arif Billah Muhammad bin Abil Hasan Muhammad Al Bakri.

Diceritakan : “Ketika Beliau melihat Sayyid Ahmad Al Habsyi ini Beliau berkata, “Kelak Engkau akan mendaki kedudukan demi kedudukan,” ucapan ini diartikan oleh sebagian ulama dari satu tingkatan kewalian pada tingkatan selanjutnya.” Sayyid Ahmad Al Habsyi tinggal bersebelahan dengan Haromain selama beberapa tahun.

Beliau mencurahkan perhatiannya pada wejangan nasehat para ulama sufi terutama karya Al Faqih Umar bin Abdulloh Ba Makhromah, bahkan Beliau sempat mensyarahkan kitab Al Hikam karya Ibnu Ibad yang menyingkap rahasia-rahasia dalamnya dan menampakkan cahayanya. Beliau memiliki kebiasaan senang meminum kopi bahkan menganjurkan orang lain untuk meminumnya.

Beliau mengatakan, Tiga hal merupakan kenikmatan yang dikhususkan bagi generasi akhir ini yaitu kitab Syarkhul Hikam karya Ibnu Ibad, qosidah Al Faqih Umar Ba Makhromah, dan kopi dari biji Bun.

2.2       Murid Beliu

Diantara ulama yang menimba ilmu dari Beliau adalah Imam Alwy bin Abdulloh Al Aydrus yang tinggal di Tsibi, Anak-Anak Beliau diantaranya adalah Sayyid Al Jalil Aydrus, Kakek penyusun qosidah ini, Ia orang alim, ahli zuhud dan ibadah. Ia memiliki beberapa karya tulis dan syair yang indah, kawin dengan Puteri Pamannya Umar bin Muhammad Al Habsyi dan melahirkan Ibunda guru kami dan saudarinya yang lain.

Diantara yang menimba ilmu dari Beliau juga adalah Abu Bakar Al Habsyi, seorang ulama yang memiliki perasaan tentang hakikat, Paman guru kami, diantara juga yang menimba ilmu dari Beliau adalah Ayah guru kami Imam Alwy bin Muhammad Al Haddad.

3.         Teladan
3.1       Selalu Membela yang Benar

Beliau termasuk khalifah Allah dan orang kepercayaan-Nya untuk memberikan manfaat pada manusia di muka bumi ini.

Nama Beliau dikenal di setiap penjuru, kedermawanan Beliau sangat luas, kewara’annya sangat tinggi, selalu membela yang benar tanpa takut celaan apapun. Tidak bertoleransi pada yang bodoh ataupun yang dzalim. Doa Beliau menembus tujuh lapis langit.

4.         Karamah Beliau

Beliau seringkali melarang seseorang berbuat sesuatu tanpa sebab yang jelas. Beliau berkata : “Aku berbuat demikian karena Aku lihat setan mengikutinya, sebab itulah Aku mengusirnya hingga setannya pergi.”

Suatu kali Beliau pernah menusuk tombak di punggung salah satu pembantunya hingga tembus dadanya lalu Beliau menariknya, anehnya pembantu itu tidak merasa kesakitan ataupun ada bekas, Beliau berkata : “Sesungguhnya yang kami tusuk adalah setan yang menunggangi punggungmu,” karena pada kenyataannya Pembantu itu suka digoda oleh setan. Yang membawakan cerita ini padaku adalah Al Faqih Ahmad Ba Syarahil.

Sayyid Hasan meriwayatkan dari Pamannya Abdulloh bin Rasyi’ bahwa Ayahnya masuk ke kota Dhoffar, di sana ada orang yang terkena jin. Ketika Beliau masuk jin itu menjerit dan berkata : “Kami menghormatimu dan kami rela keluar karena Iparmu ini (Imam Ahmad Al Habsyi).”

Hal ini sebelum Ia tahu kalau Imam Ahmad akan menikahi Adik perempuannya, Ia menyimpan cerita ini hingga pada akhirnya Beliau menikahi adik perempuannya, Beliau hanya berkumpul semalam saja dan dipagi hari Ia kembali lagi ke negerinya dan Ia telah mengandung Sayyid Hasan bin Ahmad.

5.         Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya