Liga Arab Kecam Keputusan AS Pangkas Bantuan Palestina

 
Liga Arab Kecam Keputusan AS Pangkas Bantuan Palestina

LADUNI.ID, KAIRO - Liga Arab menyatakan protes keras terhadap Amerika Serikat (AS), setelah Washington memutuskan untuk pangkas dana bantuan untuk Badan Bantuan dan Pekerja PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).

Badan yang berbasis di Kairo, Mesir itu menyebut keputusan AS ini adalah bentuk pemerasan terhadap Palestina. Di mana AS ingin Palestina menghapus isu Yerusalem dalam pembicaraan dengan Israel.

"Langkah AS mencerminkan keinginan untuk mengambil isu Jerusalem dan pengungsi dari meja perundingan antara Palestina dan Israel," kata Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul-Gheit dalam sebuah pernyataan.

"Washington akan bertanggung jawab atas bahaya besar yang disebabkan oleh keputusan ini terhadap sekitar lima juta pengungsi Palestina yang bergantung pada bantuan badan itu," sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (2/9).

AS mengumumkan pada hari Jumat bahwa tidak akan lagi mendukung UNRWA. Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert mengatakan model bisnis dan praktik fiskal dari UNRWA adalah operasi cacat yang tak dapat ditebus.

"Pemerintah telah secara hati-hati meninjau masalah ini dan memutuskan bahwa Amerika Serikat tidak akan memberikan kontribusi tambahan kepada UNRWA.Komunitas yang terus berkembang dan tanpa batas secara eksponensial dari penerima manfaat yang berhak tidak dapat bertahan lama dan telah berada dalam mode krisis selama bertahun-tahun," ucap Nauert.