Mahasiswa UNU NTB Juara Di MTQM UKM PSQ Unram

 
Mahasiswa UNU NTB Juara Di MTQM UKM PSQ Unram

LADUNI,ID, Mataram - Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahlatul Ulama (UNU) NTB, Heni Rahma Hidayati dan Rosana meraih juara pertama dan juara ketiga pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) se Pulau Lombok.

Kegiatan MTQM yang digelar oleh UKM Pengembangan Studi Al-Quran (PS-Q) Universitas Mataram 17 hingga 22 September 2018 di Gedung Arena Budaya dan Aula PKM Unram.

Kegiatan yang mengangkat bertema "Menanamkan Cinta dan Mewujudkan Revolusi Mental Berbasis Al-Quran ini" diikuti Sebanyak 90 peserta dari berbagai universitas negeri dan swasta di Lombok.

Para peserta bertanding untuk memperebutkan empat cabang mata lomba yaitu Tilawatil Quran, Musabaqah Tartilul Quran, Musabaqah Hifzil Qur’an 3 & 5 Juz serta Musabaqah Karya Tulis Al-Quran.

Heni Rahma Mahasiswi PGSD UNU NTB mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersyukur atas prestasi yang telah diraih, dan tidak menyangka akan mendapatkan juara karena melihat kualitas para pesaing yang cukup baik.

"Alhamdulillah dengan Rahmat Alloh SWT kami bisa meraih juara, kami berusaha mengikuti setiap tahapan dalam lomba dengan semangat masalah hasil kami serahkan kepada yang di atas," ungkapnya.

Pembina pusat studi Alquran UNU NTB, Junaidi, M. Pd menyampaikan kebanggaannya atas prestasi mahasiswa binaannya tersebut.

Dikatannya, pelatihan rutin dilakukan kepada mahasiswa yang mengikuti MTQ, setiap lomba MTQM tingkat lokal maupun nasional selalu diikuti seperti MTQM yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya Malang tahun lalu.

"Hal ini bertujuan untuk mengasah mental dan menambah wawasan mahasiswa dalam studi Al-Qur'an," katanya

Hafidz penghafal 30 Juz Al-Qur'an sehari hari juga membina santri Tahfidzul di Ponpes Yusuf Abdussatar Kediri, Lombok Barat berharap semoga mahasiswa semakin dekat dengan Al-Qur'an dan mengintegrasikan dinilai Al-Qur'an dalam diri mereka.

"Saya bangga atas Raihan prestasi yang dicapai, hal ini berkat kerja keras mahasiswa dalam mengikuti pelatihan yang kami berikan. Semoga dari setiap perlombaan pengalaman mereka semakin bertambah, semakin mencintai Al-Qur'an dan tentunya mengamalkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan mereka," cetusnya

Dalam kesempatan yang sama sambutan juga diberikan oleh bapak Hadi Wijaya selaku

Sementara, Kaprodi PGSD UNU NTB,  Hadi Wijaya menyampaikan rasa terimakasih dan memberikan motivasi kepada mahasiswanya untuk terus belajar dan jangan pernah berpuas diri.

"Terimakasih kepada mahasiswa dan bapak pembimbing, Saya sebagai bapak mereka di PGSD tidak henti-hentinya memberikan motivasi kepada mereka bahwa dalam hidup ini harus bermimpi setinggi-tingginya, karena dengan bermimpi, semangat dalam diri akan muncul untuk meraih hasil semaksimal mungkin.

Di samping itu, kata dia, prestasi ini sebagai sebuah sejarah yang akan terus diingat dan diceritakan dari waktu ke waktu

"Semoga sejarah ini akan menjadi pahala jariah kepada para mahasiswa dan pembimbing studi Al-Qur'an ini," tandasnya

Ditambahkannya, mahasiswa yang mengikuti bimbingan di pusat studi Al-Qur'an, saat ini sedang dipersiapkan untuk mengikuti MTQM tingkat nasional yang akan dilaksanakan di kota Banda Aceh,

"Semoga dengan prestasi tahun ini akan menjadi penyemangat kepada mahasiswa untuk berprestasi lebih baik bagi di tahun depan," kata Hadi menambahkan