Pesantren Syafi'i Akrom Pekalongan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP2
MA/SMA3 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Syafi'i Akrom Pekalongan

Profil

Pada Agustus 1956, KH. Akrom Chasani bersama sembilan ulama dari berbagai daerah di Indonesia ikut rombongan Menteri Agama Indonesia yaitu KH. Muhammad Ilyas berkunjung ke Rusia untuk memenuhi undangan mufti (pemberian fatwa untuk memutuskan masalah yang berhubungan dengan hukum islam) di Asia Tengah wilayah Rusia. Selain itu juga untuk berziarah di tempat tempat bersejarah di Rusia dan melihat perkembangan muslim disana. Saat berkunjung di Rusia, hatinya miris ketika melihat realitas muslim disana yang selalu dikawal oleh Tentara Merah Uni Soviet. Masjid-masjid dijaga ketat oleh Tentara Merah.

Hanya orang yang sudah tua dan lanjut usia yang diperbolehkan masuk ke masjid, sedangkan kalangan remaja tidak diperbolehkan masuk masjid. Melihat realitas itulah, ketika ia kembali dari rusia, terbetik ide dan gagasan besar untuk mendirikan pondok pesantren sebagai wadah pendidikan dari tingkat dasar hingga tinggi. Tujuannya untuk menyelamatkan generasi muda Islam Indonesia, khususnya di Pekalongan dan sekitarnya untuk membentengi generasi muda dari kemaksiatan.

Ide tersebut direspon baik oleh Muhammad Ilyas maupun KH. Syafi’i yang kemudian ide itu disampaikan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pembatikan Buaran pada tahun 1964 dan seluruh anggota secara aklamasi menyatakan setuju mewakafkan tanah tanah milik Koperasi Pembatikan Buaran untuk pendirian Pondok Pesantren tersebut. Rencana pembangunan pondok pesantren itu pun sampai ke Bupati Pekalongan dan Bupati Pekalongan menyumbang dana untuk pembangunan pondok pesantren itu.

Namun, proses pembangunan pondok pesantren tidak berjalan mulus dan harus tertatih tatih karena proses wakaf tanah milik Koperasi Pembatikan Buaran baru merapatkan legal formal hitam diatas putih bermaterai dan ditandatangani oleh Pengurus pada tahun 1973, diantaranya : KH. Syafi’i (ketua) dan Ahmad Djazari (sekretaris), dan diterima H. Abunawar atas nama pengurus pondok pesantren buaran. Setelah itu, material untuk pembangunan pondok pesantren mulai dibeli dan didatangkan ke lokasi.

Namun, sebelum pondok pesantren selesai dibangun, KH. Akrom Chasani dipanggil Sang Kuasa karena sakit pada tanggal 21 Januari 1974. Setelah  KH. Akrom Chasani meninggal, pembangunan pondok pesantren tertunda. Material yang sudah ada  dipinjam pengurus koperasi perbatikan buaran untuk mengembangkan Pabrik Pring Gading dengan pertimbangan kemanfaatan.  Material itu kemudian dikembalikan dengan dibelikan tanah. Pada tahun 1986, tanah yang sudah diwakafkan itu dijual kepada pengembang yang akan membangun perumahan di wilayah tersebut.

Dikemudian hari, tanah wakaf yang dijual itu ditukar guling dengan tanah milik koperasi yang lain. Pada tahun 1987 dimulailah pembangunan Pondok Pesantren Buaran yang selesai pada tahun 1990. Awalnya pondok pesantren tersebut dinamakan Pondok Pesantren Buaran. Namun, untuk mengenang jasa KH. Akrom Chasani sebagai pencetus ide pembangunan pondok pesantren dan KH. Syafi’i sebagai pencetus gagasan tanah wakaf maka pondok pesantren tersebut dinamakan Pondok Pesantren Syafi’i Akrom.

Pada tahun 2004, Pondok Pesantren Syafi’i Akrom terpilih sebagai lokasi program sekolah di lingkungan pondok pesantren dari Kementerian Agama RI.  Di lingkungan pondok pesantren kemudian dibangun SMK Syafi’i Akrom dan diresmikan oleh Menteri Agama Sa’id Agil Husain Al Munawar. Para santri di Pondok Pesantren Syafi’i Akrom selain mengkaji dan menghidupkan Ilmu Agama Islam, juga dapat mengenyam pendidikan formal di SMK Syafi’i Akrom. Sejak tahun 2012 juga berdiri pondok pesantren untuk putri. Sekitar 80% santri di Pondok Pesantren Syafi’i Akrom merupakan siswa SMK Syafi’i Akrom yang belajar pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Busana Butik. 
 

Pendiri
1. KH. Akrom Chasani
2. KH. Syafi’i

Pengasuh
1. KH. Akrom Chasani
2. KH. Syafi’i
3. KH. Abdul Kholid Ma'rufi, M.Ag

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. SMK Syafi’i Akrom
2. Madrasah Aliyah Salafiyah (MAS) Yapensa
3. Madrasah Tsanawiyah Salafiyah (MTsS) Salafiyah Yapensa Jenggot
4. SMP Sains Cahaya
5. SMA Sains Cahaya
6. Madrasah diniyah
5. Tahfidzul Al-Qur'an

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut
1. Kursus Bahassa Asing (Arab & Inggris)
2. Kursus Rebana
3. Sorogan Kitab Kuning
4. Pramuka
5. Silat
6. Tata Busana
7. Otomotif
8. Rebana
9. Nasyid
10. Olahraga: Sepakbola, Voli, Basket, Badminton, Tenis Meja, Senam


Muthola'ah kitab kuning di pesantren Syafi'i Akrom


Paskibra di pesantren Syafi'i Akrom

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama santri yang representatif
3. Ruang Kelas / Aula Pengajian
4. Aula Pertemuan
5. Ruang Kantor Ponpes
6. Ruang Tamu
7. Puskesmas
8. Koperasi
9. Perpustakaan
10. Lapangan Olahraga
11. Sanitasi/MCK


Masjid di pesantren Syafi'i Akrom


Gedung sekolah di pesantren Syafi'i Akrom


Alamat

Jl. KH. Akrom Khasani Kelurahan Jenggot, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, kode pos : 51133 
Telp : (0285) 4410145 / 0857 3164 9811 / 0856 4057 8218

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.