Ayat Kursi #2: Kelebihan dan Keangungan Ayat Kursi

 
Ayat Kursi #2: Kelebihan dan Keangungan Ayat Kursi

LADUNI. ID, HIKMAH- Ayat kursi sangat banyak kelebihan dan keutamaannya. Ini sebagaimana diungkapkan dalam beberapa hadits yang lain, diantaranya, nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

“Barangsiapa membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga selain kematian.” (HR. ath-Thabrani no. 7532)

Dalam sebuah hadits shahih Rasulullah menyebutkan bahwa ayat kursi adalah ayat yang paling utama yang ada di dalam kitab suci Al Quran. Ayat kursi berada pada ayat ke 255 dari surah Al Baqarah. Ayat ke 255 ini diturunkan oleh Allah secara khusus pada malam setelah hijrah. Lantas mengapa disebut ayat kursi?

Karena pada ayat ini didalamnya mencakup seluruh kemartabatan, kebaikan dan juga kebesaran Allah SWT. Karena keutamaan dan kemuliaannya juga, turunnya ayat kursi ini didampingi oleh ribuan-ribuan malaikat. Sebuah kehormatan yang agung bagi para malaikat untuk bisa mendampingi ayat kursi ini

Sementara iu juga disunnahkan membaca ayat ini setiap  selesai shalat wajib,  pada dzikir pagi dan sore,  juga sebelum tidur

Oleh Karena begitu Agungnya Ayat Kursi ini, sampai-sampai golongan Iblis dan Setanpun begitu gempar serta khawatir karena menganggap Ayat ini adalah sebagai penghalang bagi mereka dalam usahanya untuk menggoda dan menjerumuskan ummat manusia kedalam jurang kenistaan.

Telah disebutkan oleh para ulama bahwa ketika Ayat Kursi ini diterima Rasulullah SAW, maka Beliau segera memerintahkan Zaid bin Tsabit (Sekretaris Nabi) untuk segera mencatat Ayat Kursi ini dan dperintahkan untuk segera menyebarkannya seluruh ummat.

 Agar secepatnya bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari mengingat betapa besarnya keistimewaan-ke­istimewaan Ayat Kursi ini.

Ayat Kursi adalah Ayat yang paling Mulia didalam Al-Qur'an sebagaimana disebut dalam Hadits Rasulullah SAW :

"Dari Ubay bin Ka'ab, bahwa Rasulullah SAW pernah bertanya kepadanya : "Ayat apakah yang paling agung di dalam Kitabullah (Al-Qur'an)?". "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." sahut Ubay bin Ka'ab.
Maka Rasulullah SAW terus mengulang-ulang­ pertanyaan tersebut.

Akhirnya Ubay bin Ka'ab menjawab,"Ayat Kursi."
Kemudian Rasulullah SAW bersabda," "Engka­u akan dilelahkan oleh ilmu wahai Abu Mundzir (sebutan Rasulullah kepada Ubay). Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya Ayat Kursi itu mempunyai satu lidah dan dua bibir yang selalu mensucikan Al-Malik (Allah) di sisi tiang 'Arsy." (HR. Ahmad)

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penikmat Kopi BMW Cek Pen Lamkawe.

***Dikutip dari berbagai sumber