Ayat Kursi #5: Wirid Terhindar dari  Kejahatan dan Godaan Setan Sepanjang Hari

 
Ayat Kursi #5: Wirid Terhindar dari  Kejahatan dan Godaan Setan Sepanjang Hari

LADUNI I ID, HIKMAH- Sebagai umat muslim, selain shalat (salat) lima waktu yang menjadi kewajiban kita, ada juga ibadah-ibadah penunjang pahala yang dapat kita lakukan. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam selalu menunjukkan keutamaan-keutamaan yang dapat kita lakukan dan membuat kita mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Terkadang amalan tersebut terkesan sederhana, tetapi ternyata manfaatnya sangat luar biasa. Seperti amalan yang satu ini, kita hanya perlu membaca satu ayat ini setelah salat, dan insya Allah, kita akan dimasukkan ke surga oleh Allah Ta'ala. Ayat apakah itu?

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Siapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian." (HR. An Nasai)

Maksud hadis tersebut adalah, tidak ada yang menghalangi masuk surga setelah ia meninggal dan berada di akhirat nanti. Tentu membaca ayat kursi bukan suatu hal yang susah dilakukan. 

Mengapa ayat kursi begitu utama sehingga Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengagungkan ayat ini? Sebelum membahasnya, berikut adalah arti dari ayat kursi yang terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 255.

"Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar”.

Setelah membaca arti dari ayat kursi tersebut, kita sedikit tahu alasan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam begitu mengagungkan ayat ini.

Barangsiapa yang membaca ayat kursi dengan istiqamah setiap kali selesai shalat, setiap kali hendak keluar rumah, setiap kali masuk di tempat lain, setiap kali akan berkendara, senantiasa Allah akan selalu melindunginya dari segala kejahatan raja-raja yang kejam, selamat dari kejahatan manusia, aman dari kejahatan binatang yang memudharatkan, dan terhindar dari segala macam godaan setan dan iblis.

Menurut Imam Nawawi Rahimahullah dalam Syarah Shahih Muslim, hal ini dikarenakan di dalam ayat kursi terdapat nama dan sifat Allah yang penting, yaitu sifat ilahiyah, wahdaniyah (keesaan), sifat hidup, sifat ilmu, sifat kerajaan, sifat kekuasaan, dan sifat kehendak.

Jadi, setelah salat, selain berdoa dan berzikir, ditambah juga membaca ayat kursi. Semoga Allah Ta'ala memasukkan kita ke dalam surga-Nya.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga.

Dikutip dari berbagai sumber.