Mie Ciptaan Mahasiswa Brawijaya Juara di Bali Kalahkan 15 Negara 

 
Mie Ciptaan Mahasiswa Brawijaya Juara di Bali Kalahkan 15 Negara 

LADUNI.ID,BALI - Empat mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang berhasil menjadi juara dalam The 5th International Young Inventors Award (IYIA 2018). Keempat mahasiswa UB tersebut adalah M. Kiki Saputra (Agribisnis 2016), Agusti Ardiansyah Saputro (Agroekoteknologi 2017),Mohammad Jauharul Azmi (Budidaya Pertanian 2015) dan Bita Pitaloka (Ilmu Tanah 2016). 

Acara IYIA berlansung selama empat hari dari tanggal 19 hingga 22 September digelar di Inna Grand Bali Beach Sanur, Bali, Indonesia. 

Mengambil judul  Tamales atau Taro-Moringa Noodles: Taro (Xanthosoma saggitifolium) Fotification with Moringa leaf (Moringa oleifera) for Healthy Noodles Production, mereka mengalahkan para pesaingnya yang berasal dari 15 negara di dunia. Tamales adalah mie sehat yang terbuat dari fortifikasi tepung talas dengan daun kelor. 

Tepung talas dipilih karena mengandung pati yang tinggi dan daun kelor dapat meningkatkan nilai gizi.Menurut kiki, potensi talas yang tinggi dapat menjadi diversifikasi bahan dalam produksi mie. Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan nilai gizi pada mie, maka proses fortifikasi makanan dilakukan dengan daun kelor. 

“Melihat banyaknya produk inovasi dari negara peserta lain kami sempat merasa agak nothing to lose, tapi kami coba meyakinkan dewan juri pada saat presentasi produk, hasil ini sangat diluar perkiraaan tapi kami sangat senang dan bangga” Ujar kiki.

Kegiatan lomba ini diselengarakan oleh INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association) INNOPA didirikan pada tahun 2011. Asosiasi ini terdiri dari pemenang kompetisi penelitian atau inovasi nasional dan internasional. Kegiatan ini rutin setiap tahun dilakukan, yang bertujuan membantu dan menghubungkan inovator Indonesia untuk menunjukkan ide atau produk inovatif mereka ke tingkat Internasional.