Biografi Imam Taqiyuddin Ibnu Daqiqil ‘Id

 
Biografi Imam Taqiyuddin Ibnu Daqiqil ‘Id

Daftar Isi Profil Imam Taqiyuddin Ibnu Daqiqil ‘Id

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Guru Guru
  5. Penerus Beliau
  6. Mengajar di Madrasah
  7. Sosok yang Dermawan
  8. Karomah
  9. Karya-Karya

Kelahiran

Taqiyuddin Abu Al Fath Muhammad bin Ali bin Wahb bin Muthi’ Al Qusyairi Al Manfaluthi Ash Sha’idi Al Maliki Asy Syafi’i atau yang kerap disapa dengan panggilan Imam Taqiyuddin Ibnu Daqiqil ‘Id lahir pada bulan Sya’ban tahun 625 H, di dekat Yanbu’, Hijaz.

Wafat

Ibnu Daqiq al-Id meninggal pada hari Jum'at 11 Safar 702 H di makamkam di bukit Muqattam, hari itu adalah hari yang tak terlupakan. Orang-orang bergegas ke tempat itu, tentara antri menyalatinya dan sekelompok pembesar, sastrawan di Kairo dan Qaus meratapinya.

Pendidikan

Taqiyuddin menghabiskan masa kecilnya di Qaus (selatan Mesir) di mana ayahnya mengajar di madrasah yang dibangun oleh al-Najib bin Hibatullah tahun 607 H. Si cerdas yang kelak lebih terkenal dengan nama Ibn Daqiq al-Id ini berguru pada ayahnya sendiri yang mengajar fiqh madzhab Maliki dan Syafi'i. Ibunya juga dari Qaus, putri seorang yang terkenal yaitu Imam Taqiyuddin al-Mudhoffar bin Abdullah bin Ali bin Husein. Dengan demikian ia bernasab mulia baik dari pihak ayah maupun ibunya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya