NU Peduli Sulteng Siap Bantu Korban Terdampak Gempa dan Tsunami

 
NU Peduli Sulteng Siap Bantu Korban Terdampak Gempa dan Tsunami

LADUNI.ID, Jakarta - Bencana alam seperti gempa bumi di NTB dan Sulawesi Tengah mengandung hikmah bahwa Allah Swt menaikkan derajat para warga terdampak oleh karena itu, warga terdampak dalam menghadapi cobaan bencana alam harus dengan optimis dan pikiran positif.

Wakil Sekjen PBNU, H Andi Najmi mengatakan bagi Nahdlatul Ulama, bencana alam merupakan musibah dan jika terjadi di mana pun, NU ikut merasakan apa yang dirasakan oleh warga terdampak.

“Demikian juga musibah gempa bumi di Sulawesi Tengah. Karena itu secara refleks, NU merespons dan segera melakukan penanganan melalui NU Peduli Sulteng,” kata Andi usai rapat koordinasi NU Peduli Sulteng di Gedung PBNU Kramat Raya Jakarta Pusat, Selasa (2/10) sore.

Dalam bentuk rii; NU Peduli Sulteng dalam masa tanggap darurat ikut melakukan evakuasi.
"Relawan NU Peduli dari Banser setempat sudah melakukan penanganan awal dengan membantu evakuasi,” kata Andi.

Andi juga menyebutkan berdasarkan laporan sementara tim asesmen yang telah tiba di Palu dan langsung melakukan melakukan asesmen terhadap infrastruktur dan kebutuhan warga terdampak. Dalam penanganan dampak gempa di Sulawesi Tengah, NU Peduli mengutamakan SDM setempat., selain memberikan bantuan logistik, NU Peduli juga akan mendirikan penampungan darurat, membangun dapur umum, sekolah darurat dan masjid darurat.

Hal itu disamping memberdayakan relawan lokal, juga untuk memberikan kesadaran dan mental bahwa warga setempat tidak boleh terlalu lama berlarut-larut dalam duka akibat gempa yang dihadapi, akan tetapi mereka terpacu untuk cepat kembali bangkit.