Kata Tarbiyah Diulang Sebanyak  872 Kali dalam Al-Quran, Benarkah?

 
Kata Tarbiyah Diulang Sebanyak  872 Kali dalam Al-Quran, Benarkah?

LADUNI.ID, KOLOM- Istilah ta’lim dan tarbiyah  berasal dari kata allama dan rabba yang dipergunakan dalam Al-Qur’an sekalipun kata tarbiyah  lebih luas konotasinya. Dalam hal ini Muhammad Fuad Abd al-Baqi dalam bukunya al-Mu’jam al-Mufahrasli Alfadz al-Qur’an al-Karim telah menginformasikan bahwa didalam Al-Qur’an kata tarbiyah dengan berbagai kata yang serumpun dengannya diulang sebanyak 872 kali. (Abuddin Nata : 2005:6)

Kata tersebut berakar pada kata rabb. Kata ini sebagaimana dijelaskan oleh la Raghib al-Asfahany, pada mulanya berarti al-Tarbiyah  yaitu insya’ al-syai’ halan ila halin ila had tamam yang artinya mengembangkan atau menumbuhkan sesuatu setahap demi setahap sampai pada batas yang sempurna.

 Kata tersebut selanjutnya digunakan oleh Al-Qur’an untuk berbagai hal ini antara lain digunakan untuk menerangkan salah satu sifat atau perbuatan Tuhan, yaitu rabb al-‘alamin yang diartikan Pemelihara, Pendidik, Penjaga, Penguasa dan penjaga sekalian alam. (Abuddin Nata : 2005:6 ).

Salah satuayat Al-Quranyang menyebutka tentang tarbiyah Segala puji bagi Allah, Tuhan (yang mendidik) semesta alam.  (Depag RI. Al-Qur’an dan Terjamahan :1990:5:1:1)

Dan juga firman Allah yang berbunyi : “ Demi, Jika engkau memukulku dengan tanganmu, karena hendak membunuhku, niscaya aku tidak akan memukul engkau dengan tanganku hendak membunuhmu, sesungguhnya aku takut akan Allah, Tuhan semesta alam. (Al Qur’an Tarjamah.Al-Ma’arif :1989:102)

Beberapa ayat tersebut di atas menunjukkan dengan jelas, bahwa kata rabb sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an ternyata digunakan untuk menunjukkan obyek yang bermacam-macam, yang dalam hal ini meliputi benda-benda yang bersifat fisik dan non-fisik. Dengan demikian, pendidikan meliputi pemelihraan terhadap seluruh mahkluk Tuhan.

Helmi Abu Bakar El-Langkawi

Penggiat Literasi dan Sosial Agama serta Dewan Guru Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga, Bireun