Beginilah Seharusnya Menyikapi Bencana Menurut IPNU Sumenep

 
Beginilah Seharusnya Menyikapi Bencana Menurut IPNU Sumenep

LADUNI.ID, Sumenep - Apa yang kini tengah menimpa saudara di Nusa Tenggara Barat, Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah bahkan setiap bencana yang menimpa sejumlah kawasan hendaknya disikapi dengan bijak.

Hal ini disampaikan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sumenep Jawa Timur, Rabu (3/10). 

Bukan hanya itu, berbagai lapisan juga diharapkan turut meringankan beban yang telah menimpa saudara di kawasan bencana. “Semestinya semua instansi dan elemen masyarakat turut ikut partisipasi membantu korban gempa bumi di Donggala dan Palu di Sulawesi Tengah,” kata Musyikurrahman.

Menurut Ketua PC IPNU Sumenep ini, ada hal mendesak yang juga harus dilakukan. “Justru yang sangat mendesak dilakukan dan cukup penting adalah menjaga nilai solidaritas, jangan malah menyebar kabar bohong atau hoaks,” ungkapnya.

Musyikurrahman juga mengingatkan bahwa pada kegiatan penggalangan dana untuk korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu. Kegiatan berlangsung di Kota Sumenep dengan menyapa para pengguna jalan dan meminta untuk berdonasi untuk korban gempa.

Adapun penggalangan dana juga sebagai sarana memupuk kepedulian dan rasa kemanusiaan bagi kalangan pelajar. "Yang juga tidak kalah penting dalam kegiatan ini adalah menekankan nilai-nilai kemanusian khususnya di kalangan pelajar," pungkasnya.

Sikap peduli kepada saudara yang tengah dilanda gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah dibuktikan sejumlah badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) di Sumenep.

Dalam aksi peduli yang diikuti beberapa badan otonom di antaranya Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama atau IPNU, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Semuanya di bawah koordinasi Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama atau LAZISNU setempat.