Meningkatkan  Kualitas Amal Ibadah

 
Meningkatkan  Kualitas Amal Ibadah

 

LADUNI.ID, KOLOM- Islam menekankan pendidikan yang berorientasi pada pencapaian kebaikan bagi individu dengan menawarkan amal saleh sebagai simbol orientasi baru. Dengan amal saleh akan lahir manusia baru yang berhak memperoleh kebaikan, sebab amal saleh yang dilakukannya akan membuatnya berbeda dari sebelum memperoleh pendidikan akhlak dan amal saleh.

Hal tersebut juga dingkapkan sebagaimana dalam ayat berbunyi: Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman, dan mengerjakan amal saleh, maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Depag RI. Al Qur’an dan Terjemahan: 1990: 569 :25:70).

Islam selalu mengaitkan kejujuran iman dengan amal saleh sebagai manifestasinya, Allah menjelaskan hal itu dalam ayat berbunyi: Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian disisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan. (Depag RI. Al Qur’an dan Terjemahan:1990: 928: 61: 2-3).

Islam mengaitkan ilmu yang hakiki dengan amal saleh, ini sebagaimana disebutkan dalam ayat berbunyi:  “ Berkatalah orang-orang yang dianugrahi ilmu, “Kecelakaan yang besarlah bagimu, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan tidak diperoleh pahala itu, kecuali oleh orang-orang yang sabar.” (Depag RI. Al Qur’an dan Terjemahan:1990:624:28:80)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN