Ini yang Dilakukan PW Pergunu Jabar untuk Tingkatkan Kesejahteraan Guru

 
Ini yang Dilakukan PW Pergunu Jabar untuk Tingkatkan Kesejahteraan Guru

LADUNI.ID, Bandung – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru NU, Pimpinan Wilayah (PW) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Barat berkerja sama dengan  komunitas the Local Enablers mengembangkan ekonomi kreatif. Salah satu bentuk kerja sama yang dilaksanakan pada waktu dekat adalah ternak lebah.

“Ternak lebah menjadi salah alternatif untuk pengembangan ekonomi guru NU. Karena tidak menggangu kegiatan guru dalam proses belajar mengajar dan juga ternak lebah menjaga kelestarian lingkungan,” jelas Saepulloh, pada Kamis (4/10). 

Saepulloh yang merupakan Ketua PW Pergunu Jabar ini, dalam waktu dekat bersama komunitas the Local Enablers akan mengembangkan ternak lebah. “Insyaallah komunitas ini akan memberikan pelatihan secara gratis bahkan semua peralatan yang dibutuhkan buat ternak lebah akan disiapkan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Dwi Purnomo selaku penggerak komunitas the Local Enablers menjelaskan komunitasnya menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk berkolaborasi di dunia usaha. Meski terbilang baru dan merupakan tunas dari Forum Kreatif Jatinangor, komunitas ini telah berhasil melahirkan wirausaha muda di kalangan mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad).

“Selain itu di bidang pengabdian, the Local Enablers juga menerapkan pemberdayaan usaha mulai dari hulu dan hilir menjadi produk usaha,” kata Dwi Purnomo.

Dwi Purnomo juga melanjutkan bahwa penerapan rantai nilai ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat, bukan hanya untuk wirausahanya namun juga bagi produsen bahan baku usaha tersebut, lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Jabar  NU BeRKah Agung Nurhalim akan mengupayakan membantu sponsor dalam mencari pendanaan secara penuh terkait kerja sama ini.

"Kerja sama Pergunu dengan the Local Enablers ini sangat bagus dalam upaya mensejahterakan guru di daerah dengan tidak menggangu aktifitas pembelajaran di kelas," terang Agung.

Lebih daripada itu, Agung akan mencari sumber dana agar kerja sama tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. (Sumber: NU Online)