Santri  Pemegang Tongkat Estafet Agama dan Bangsa

 
Santri  Pemegang Tongkat Estafet Agama dan Bangsa

LADUNI. ID, KOLOM- Sosok santri sebagai pemegang tongkat estafet merupakan salah satu elemen masyarakat yang harus sangat berperan dalam “berjihad” di era globalisasi.

Saat ini dalam terus mengisi dan mempertahankan kemerdekaan dan merevolusikan bangsa ini baik dalam dimensi jihad sosial, budaya, politik, ekonomi, pendidikan dan agama maupun lainnya.

Selain mengembangkan dan mengasah potensi, santri juga harus menyebarkan syiar Islam. Saat ini, dakwah dapat dilakukan melalui media sosial. 

Salah satu peraturan di beberapa dayah santri tidak diperbolehkan untuk membawa handphone termasuk untuk mengakses media sosial. Namun, hal ini bukan halangan bagi santri untuk mengemban misi ini. 

Mereka dapat menyebarkannya dalam publikasi-publikasi yang diselenggarakan pihak dayah atau media-media lainnya. 

Ketika liburan, para santri diperbolehkan untuk mengakses media sosial sepuasnya. Santri pun harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menyebarkan Islam di media sosial. 

Apabila santri melaksanakan misi ini, syiar Islam dapat berkembang luas dan masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya berkehidupan islami.

Keberadaan santri sekarang ini bukanlah santri di era kemerdekaan dan perjuangan dahulu. Namun, santri saat ini hidup di era globalisasi yang terus bergulir dengan berbagai macam teknologi dan inovasi baru plus tantangan dan godaan zaman.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi Penggiat Literasi Asal Aceh