Unik, Peringatan HSN 2018 Dibentuk dengan Kegiatan Sosial

 
Unik, Peringatan HSN 2018 Dibentuk dengan Kegiatan Sosial

LADUNI.ID, Banyuwangi – Pada perayaan Hari Santri Nasional (HSN 2018) yang digelar secara serentak pada tanggal 22 Oktober kemarin, ada pemandangan yang berbeda unik. Jika sangat dengan melakukan kirab bersama, namun ada cara luar biasa dari para santri yang tergabung dalam Ikatan Santri Alumni Pondok Pesantren (PP) Al Falah (ISLAH) Cabang Banyuwangi Mereka memilih memperingatnya dengan cara berbagi paket sembako kepada kaum dhuafa.

"Pendistribusian paket sembako ini kami serahkan langsung dengan cara door to door kepada warga yang membutuhkan di daerah Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi," ujar Iqbal Bahtiar, Ketua ISLAH Cabang Banyuwangi, pada Senin (22/10) kemarin.

Dalam kegiatan itu, Iqbal menjelaskan bahwa kegiatan sosial ini bertujuan untuk belajar mengasuh aspek perilaku para santri agar peduli kepada sesama orang yang kurang mampu.

"Karena kita tahu zaman sekarang orang yang peduli dan empati semakin berkurang. Oleh sebab itu dengan kegiatan ini bukan hanya mata pamer, tapi lebih untuk mempersembahkan kita bersama agar lebih peduli terhadap orang-orang di sekitar khusunya yang membutuhkan," terang santri yang merupakan lulusan tahun 2008 ini.

Pada momentum Hari Santri ini, Iqbal bersama rekan se-alumni PP Al Falah bertekad untuk bisa Mengajar bagi para siswa melalui cara yang sederhana. Atas dasar, kegiatan dengan tema 'Hari Santri, ISLAH Banyuwangi berbagai' dilaksanakan.

"Manusia yang paling baik adalah manusia yang dapat memberikan manfaat terhadap orang lain yang ada di sekitarnya," tuturnya.

Selain itu, santri berdarah Madura ini menjelaskan paket yang ditujukan untuk memperingati HSN 2018 ini diperoleh dari dana iuran gotong royong sesama alumni PP Al Falah. "Ada kurang lebih 2000 alumni yang tersebar di Banyuwangi. Mayoritas berada di Kecamatan Glenmore dan Kalibaru," tandas Iqbal.

Pada kegiatan sosial tersebut, Muhammad Sahlan, dedengkot ISLAH yang saat ini berfungsi sebagai anggota DPRD Banyuwangi, juga turut serta. (Sumber: Times Indonesia)