Ingin Kembangkan Sistem Cerdas Monitoring Lingkungan, IPB Berkunjung ke Jepang

 
Ingin Kembangkan Sistem Cerdas Monitoring Lingkungan, IPB Berkunjung ke Jepang

LADUNI.ID JEPANG - Delegasi Institut Pertanian Bogor (IPB) berkunjung ke Japanese National Institute for Environmental Studies (NIES) di Tsukuba Jepang. Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Rektor IPB, Dr. Arif Satria itu merupakan sebagai bagian dari rangkaian kunjungan kolaborasi ke sejumlah institusi di Jepang pada Selasa, 23 Oktober 2018. 

Turut mendampingi di dalam rombongan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB, Prof. MA Chozin, Kepala Sub Direktorat Pelayanan Program Internasional, Direktorat Program Internasional, Dr. Sintho Wahyuning Ardie. Pertemuan ini juga dimaksudkan sebagai kunjungan balik setelah sebelumnya NIES berkunjung ke IPB pada Agustus 2018 lalu. 

Dr. Alinda FM Zain, Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang turut mendampingi delegasi IPB dalam kunjungan tersebut. Sedangkan Delegasi dari IPB disambut oleh Dr. Chiho Watanabe, Presiden NIES, Dr. Tsuyoshi Fujita – Director for Center for Social and Environmental System Research, Dr. Shoji F. Nakayama – Head, Center for Health and Environmental Risk Research, Dr. Manabu Onuma – Peneliti Senior pada Center for Environmental Biology and Ecosystem Studies, dan Dr. Shuichi Ashina – Manager of International Coordination Office. Fokus diskusi pada kunjungan ini adalah mengenai "Smart Eco-monitoring System for Low Carbon Society", "Genetic Resource Bank for Endangered Species in Asia", dan "Japan Environment and Chlidren's Study (JECS)".

Sebagaimana dilansir laman resmi IPB, Delegasi IPB berkesempatan untuk mengunjungi  instalasi Bank Gen Time Capsule - unit preservasi plasma nutfah berteknologi kriyopreservasi di NIES.  Upaya membangun Bank Gen ini penting mengingat Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman hayati yg harus dikonservasi. Kerja sama antara IPB dan NIES juga ditargetkan untuk mempercepat  IPB Green Campus 2020. Kedua institusi sepakat untuk mengembangkan Sistem Cerdas Monitoring Lingkungan yang sangat penting dalam menghadapi tantangan di masa mendatang. NiES sudah memberikan sejumlah bantuan alat monitoring dan selama ini telah menjalin kerjasama dengan CCROM IPB. 

Delegasi IPB Pada hari yang sama, juga melakukan kunjungan kehormatan ke The University of Tokyo, Jepang. Kunjungan bertujuan untuk memperkuat kerjasama yang telah berlangsung lebih dari 30 tahun antara IPB dan the University of Tokyo. Delegasi IPB diterima oleh Dr. Takeshi Tange, Dean of Graduate School of Agricultural and Life Sciences, Faculty of Agriculture, Dr. Toru Fujiwara – Head of Office for International Cooperation & Exchange, dan Prof. Tetsuo Takano – Director for Asian Natural Environmental Science Center.  Diskusi difokuskan untuk memperkuat kerjasama yang telah ada diantara dua institusi, yaitu akademik dan penelitian, terutama dalam bidang pertanian cerdas dan rekayasa genetika.
 

 

 

Tags