Rapai Geleng Banda Aceh Hipnotis Warga Solo

 
Rapai Geleng Banda Aceh Hipnotis Warga Solo

LADUNI.ID |Aceh - Tarian khas Aceh, Rapai Geleng, berhasil menghibur warga Solo dan peserta Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Para penari dari Sanggar asal Banda Aceh ini, tampil di depan panggung utama pada saat finish karnaval budaya JKPI di Solo.

Kecepatan dan keseragaman gerak para penabuh Rapai ini, mendapat standing applaus dari para Walikota dan Bupati anggota JKPI yang berada di panggung utama karnaval budaya. Penampilan anak-anak Banda Aceh ini, juga disaksikan langsung Direktur Eksekutif JKPI dan sejumlah pejabat dari Kementerian PUPR, pejabat Kemendagri dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Masyarakat Solo juga dibuat terhipnotis dengan penampilan para penabuh Rapai yang sudah malang melintang di tingkat Internasional ini. ”Wow, Banda Aceh mantap,” ujar sejumlah pengunjung yang menyesaki lokasi sekitar panggung utama karnaval budaya.

Karnaval budaya JKPI ini dilepas oleh Wali Kota Solo, Rudi Hadyatmo, di depan Stadion Sri Wedari dan finis di depan Benteng Vastenburg Solo. Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman bersama istri, Hj Nurmiaty, Wakil Walikota, Drs H Zainal Arifin bersama istri, Hj Fauziah menaiki kereta kencana saat mengikuti karnaval budaya ini. 

Sepanjang jalan yang dilalui, Wali Kota dan istri bersama dengan Wakil Wali Kota dan istri, menyapa warga Solo yang berdiri berjejer di sepanjang rute karnaval budaya. Kereta kencana yang dinaiki Aminullah dan Istri, menarik perhatian para warga. Karena, mereka ingin mendapatkan kipas khas Aceh yang dibagi-bagikan istri Wali Kota yang juga Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh.

Sementara itu, tim kesenian menampilkan tarian Rapai Geleng dan mendapat apresiasi dari warga Solo. Tidak sedikit dari pengunjung yang meminta swafoto dengan para penari dari Banda Aceh ini. “Inilah kekhasan budaya yang kita miliki. Rapai Geleng kita tampilkan disini untuk mempromosikan daerah kita ke seluruh nusantara. Kesenian dan kebudayaan ini, menjadi modal kita untuk menarik perhatian wisatawan agar datang ke Banda Aceh,” kata Aminullah usai mengikuti karnaval budaya.

Karnaval budaya JKPI Solo ini, diikuti oleh 63 Kabupaten/Kota anggota JKPI. Masing-masing daerah turut menampilkan kesenian dan kebudayaan khasnya. Kali ini, Banda Aceh berhasil menggoyang Solo dengan Rapai Geleng.