Biografi Nafi' bin Hurmuz

 
Biografi Nafi' bin Hurmuz
Sumber Gambar: Ilustrasi (foto ist)

Daftar isi Biografi Nafi' bin Hurmuz

1.    Riwayat Hidup
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Kisah-kisah
2.1  Berkhidmat kepada Ibnu Umar

3.    Penerus
3.1  Murid

4.    Referensi

1. Riwayat Hidup

1.1 Lahir

Tidak diketahui secara pasti tempat, tanggal, bulan, dan tahun kelahirannya Nafi’ bin Hurmuz karena minimnya sumber informasi.

1.2 Wafat

Nafi’ bin Hurmuz lahir wafat pada tahun 117 hijriyah.

2. Kisah-kisah

2.1 Khidmat kepada Ibnu Umar

Nafi’ bin Hurmuz (ada yang mengatakan bin Kawus), seorang ahli fiqh. Nama julukannya adalah “Abu Abdillah al-Madini”. Abdullah bin Umar menemukannya dalam suatu peperangan ia senang akan kegemaran Nafi’ terhadap ilmu dan selalu menyiapkan diri dengan baik untuk meriwayatkan hadis. Ia berkata :“Sungguh Allah telah memberi karunia kepada kita dengan Nafi”.

Nafi’ benar-benar ikhlas dalam berkhidmat kepada Ibnu Umar majikannya selama 30 tahun. Sebagian ulama berpendapat bahwa Nafi’ berasal dari Naisabur, sedangkan ulama lain mengatakan beliau dari Kabul. Adapun menurut Yahya bin Ma’in:” Nafi adalah seorang dalam yang gagap bicara”.

Nafi’ tidak hanya meriwayatkan hadis dari Ibnu Umar tetapi juga mempunyai riwayat-riwayat yang bersumber dari Abu Sa’id al-Khudri, Sayyidah Aisyah dan Sayyidah Hafshah secara Mursal.

Ibnu Umar sangat menyukainya, ada orang yang berani membayar 30.000 dinar untuk mendapatkan Nafi’ kemudian dimerdekakannya.

Khalifah Umar bin Abdul Aziz mengirimnya ke Mesir dengan tugas mengajarkan hadis dan pengetahuan agama kepada penduduk negeri itu.

3. Penerus

3.1 Murid

Imam Malik bin Anas termasuk murid Nafi’ bahkan muridnya yang paling tetap, menurut an-Nasa’i, mengenai gurunya ini. Imam Malik berkata:” Apabila aku mendengan hadts dari Nafi’, dari Ibnu Umar, aku tidak perduli lagi, sekalipun aku tidak mendengarnya dari orang lain. Dari sini Imam Bukhari menetapkan bahwa sanad paling shahih adalah Malik dari Nafi’ dari Ibnu Umar.

Yang meriwayatkan hadis dari beliau ialah :

  1. Abdullah bin Dinnar,
  2. Az-Zuhri,
  3. Al-Auza’I,
  4. Ibnu Ishaq,
  5. Shalin bin Kaisan, dan
  6. Ibnu Juraij.

4. Referensi

Disalin dari Biografi Nafi’ dalam Tahdzib al-Asma’ karya an-Nawawi.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya