18 Orang Meninggal Akibat Banjir Bandang di Yordania

 
18 Orang Meninggal Akibat Banjir Bandang di Yordania

LADUNI.ID, Jakarta - Yordania diguyur hujan lebat dan banjir bandang pada Kamis (25/10) sore waktu setempat. Peristiwa tersebut mengakibatkan sedikitnya 18 orang meninggal dan puluhan orang lainnya. Sampai saat ini, ada 34 orang yang berhasil diselamatkan dari hantaman banjir.

"Sebagian besar korban –baik yang meninggal atau pun yang hilang- adalah pelajar yang tengah melakukan perjalanan ke daerah mata air panas Zara Maeen Yordania. Mereka merupakan siswa dari sebuah sekolah swasta yang berada di ibu kota Amman", ujar Departemen Pertahanan Sipil.

Laut Mati merupakan daerah yang dikelilingi lereng lembah yang curam. Daerah ini sering kali menjadi tempat terjadinya tanah longsor.

Diikutip dari AFP, seorang pejabat dari Departemen Pertahanan Sipil Yordania mengatakan, para siswa sedang dalam perjalanan menuju sekolah dan terlihat bahwa tanah longsor di sepanjang jalan menghancurkan bus mereka.

Upaya penyelamatan korban yang hilang masih terus dilakukan. Banyak orang dari beberapa lembaga, penyelam Angkatan Laut, perahu dan helikopter pertolongan dikerahkan untuk mencari korban yang belum ditemukan.

Dikutip Xinhua, sebuah keterangan dari Kantor Perdana Menteri Yordania menyatakan bahwa sekolah tersebut menyetujui untuk membawa muridnya melakukan perjalanan ke Azraq, namun sekolah tersebut tidak mematuhi persetujuan untuk membawa muridnya ke wilayah Laut Mati.

Perdana Menteri Yordania Omar Razzaz menginstruksikan lembaga-lembaga negara untuk menyediakan semua bantuan yang dibutuhkan untuk menyelamatkan murid-murid tersebut.