Pesantren (Dayah) Darurrahmah, Aceh Selatan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren (Dayah) Darurrahmah, Aceh Selatan

Profil
Dayah/Pesantren Darurrahmah merupakan salah satu Pesantren Salaf terbaik se-Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Hal ini dibuktikan, ketika acara Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh memberikan penghargaan dan menobatkan Pesantren Darurrahmah sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Pesantren Salaf Terbaik di Aceh. Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Selatan yang diterima langsung oleh Pengurus Pesantren Darurrahmah, Teungku Al Ashrawi.

Dalam sejarahnya, Pesantren Darurrahmah didirikan pada tahun 1991 oleh Teungku H. Muhammad Hasbi Nyak Diwa di Gampong Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam. Awalnya Teungku H. Muhammad Hasbi Nyak Diwa membeli tanah dari masyarakat setempat seluas setengah hektar (5000 m2). Beberapa tahun kemudian, pesantren ini mulai melakukan pengembangan dengan membangun asrama santri putra dan asrama santri putri, serta membangun fasilitas-fasilitas untuk keperluan proses belajar mengajar.

Metode pendidikan yang digunakan di Pesantren Darurrahmah adalah metode tradisional yang dikenal dengan sistem Salaf, yang mengajarkan santri-santrinya berupa ilmu agama yang mendalam berdasarkan kitab kuning karya ulama terdahulu maupun ulama kontemporer. Kitab-kitab yang dipelajari antara lain, Kitab Sirah Nabawiyah atau Riwayat Nabi Muhammad SAW, Tarikh, Awamil, Akhlak, Masail, Matan Taqrib, Nahwu Sharaf, Tafsir dan lainnya.

Dalam pendidikannya, Pesantren Darurrahmah membimbing para santri untuk tidak hanya menambah pengetahuannya dengan membaca kitab/buku saja, melainkan juga menghafalkan dan mempelajari isi Al-Qur’an. Selain itu, di pesantren ini juga membimbing santrinya untuk mengamalkan Tarekat Naqsyabandiyah, berupa kegiatan Suluk dan Tawajjuh, serta pada hari-hari tertentu selalu mengadakan Majelis Taklim yang juga dihadiri oleh masyarakat sekitar. Pesantren Darurrahmah juga selalu mengadakan kegiatan dalam rangka merayakan Hari-Hari Besar Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW dan Isra’ Mi’raj.

Di Pesantren Darurrahamah, santri belajar dengan cara bertemu langsung dengan guru secara tatap muka atau sorogan. Mereka juga belajar dengan mengaji secara berkelompok, di mana guru membacakan kitab dan santrinya mendengarkan serta menuliskan maknanya. Pembelajaran tersebut dilakukan pada pagi, sore, dan malam hari setelah shalat.

Pendiri
Teungku H. Muhammad Hasbi Nyak Diwa

Pengasuh/Pemimpin
1. Teungku H. Muhammad Hasbi Nyak Diwa
2. Teungku H. Hijratuddin
3. Teungku Al Ashrawi

Unit Pendidikan
Sistem pendidikan yang digunakan dalam Pesantren Darurrahmah ini menggunakan sistem pendidikan tradisional atau salaf, yang mengajarkan santri-santrinya berupa ilmu agama yang mendalam berdasarkan kitab kuning karya ulama terdahulu maupun ulama kontemporer. Kitab-kitab yang dipelajari antara lain, Kitab Sirah Nabawiyah atau Riwayat Nabi Muhammad SAW, Tarikh, Awamil, Akhlak, Masail, Matan Taqrib, Nahwu Sharaf, Tafsir dan lainnya.

Proses pembelajaran di Pesantren Darurrahmah dilaksanakan pada waktu pagi, sore, dan malam hari setelah shalat yang disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Para santri diwajibkan untuk mempelajari kitab kuning dan juga diarahkan untuk bisa menghafal Al-Qur’an beserta memahami makna dan isi kandungan dalam Al-Qur’an.

Ekstrakurikuler
Beberapa kegiatan atau ekstrakurikuler yang dilakukan di Pesantren Darurrahmah di antaranya:
1. Istighotsah
2. Tahlil
3. Ziarah
4. Peringatan Hari Besar Islam dan Negara
5. Pengajian Majelis Taklim
6. Lomba-lomba Islami
7. Suluk
8. Tawajjuh
9. Bahtsul Masail atau Musyawarah
10. Dalail Khairat
11. Manasik Haji

Fasilitas
Adapun fasilitas-fasilitas yang dimiliki Dayah Darurrahmah antara lain:
1. Kantor Pimpinan
2. Kantor Sekretaris
3. Kantor Dewan Guru
4. Asrama Santri Putra
5. Asrama Santri Putri
6. Ruang Perpustakaan 2
7. Ruang Tamu 2
8. Ruang Poskestren 2
9. Masjid
10. Aula
11. Dapur Umum 2
12. Air sumur
13. Tempat olahraga
14. MCK Putra
15. MCK Putri 7
16. Balai Pengajian
17. Kantin

Alamat
Gampong Kota Fajar, Desa Limau Purut, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam.
Kode Pos: 23772

Sumber
1. Diolah dan dikembangkan dari penelitian skripsi Akdul Kamil, Peran dan Respon Masyarakat terhadap Pesantren Darurrahmah di Kota Fajar, Kabupaten Aceh Selatan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh (repository.ar-raniry.ac.id).
2. Diolah dan dikembangkan data-data yang dimuat di situs web Acehherald.com

 

Kunjungi Juga:

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.