9 Kiai Sepuh Hadiri Istighosah Kubro 2018

 
9 Kiai Sepuh Hadiri Istighosah Kubro 2018

LADUNI.ID, Sidoarjo - 9 kiai sepuh yang direncanakan menghadiri istighosah kubro di Gelora Delta Sidoarjo pada Minggu (28/10). Mereka didaulat untuk memimpin jalannya doa.

Pada Istighosah Kubro ini, jadwal dimulai pukul 06.00 WIB. Tahun ini, Istighosah kubro mengambil tema 'Dedikasi Santri untuk Negeri'. Selain untuk memperingati Hari Santri Nasional, istighosah tahun ini juga meminta agar Indonesia dijauhkan dari bencana.

Prediksi 500 ribu peserta akan tumpek blek di Gelora Delta Sidoarjo. Gelombang peserta mulai memasuki Sidoarjo Sabtu (27/10) malam. Minggu (28/10) pagi, mereka akan melakukan kirab mulai Pendopo alun-alun Bupati menuju Gelora Delta Sidoarjo.

Menurut Ketua Panitia Hari Santri KH Reza Ahmad Zahid, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama warga Nahdliyin agar berbondong-bondong mendatangi Gelora Delta Sidoarjo. "Kalau mengaku santri, kalau mengaku peduli pada kemanusiaan, peduli dengan keutuhan NKRI, mari kita sama-sama hadir dalam istighosah kubro," ucapnya.

Sementara itu, dalam rangka pengamanan acara, panitia telah menyiapkan 1.800 personel gabungan. Mulai polisi, TNI hingga Banser, Ansor dan beberapa komunitas. Kesiapan pengamanan acara sudah dilakukan sejak Jumat (26/10) kemarin.

Pada kaitan ini, Kapolres Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji telah melakukan inspeksi langsung di lokasi acara. Kapolres mengatakan bahwa istighosah kubro merupakan kegiatan besar berskala nasional. "Bapak Presiden (Jokowi) kemungkinan juga akan hadir," ucap Himawan.

Polisi dengan tiga melati di pundak itu melanjutkan, para peserta yang datang dari luar kota akan mendapat pengawalan. Kantong-kantong parkir juga telah disiapkan untuk menampung kendaraan jamaah luar kota. Dari lokasi parkir, peserta akan berjalan kaki didampingi personel kepolisian.

Untuk tamu undangan, termasuk kiai dan ulama akan transit terlebih dulu di Pendapa Delta Wibawa. Mereka kemudian akan naik bus bersama-sama ke stadion. "Semua perisiapan berjalan baik," tambah alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1995 tersebut.

Berikut sembilan kiai sepuh NU yang akan hadir pada istighotsah kubro, Minggu (28/10):

- KH Ma'ruf Amin

- KH Miftachul Akhyar

- KH Anwar Manshur

- KH Kholil As'ad

- KH Anwar Iskandar

- KH Zianuddin Djazuli

- KH Agoes Ali Masyhuri

- KH Nawawi Abdul Djalil

- KH Idris Hamid

(Sumber: Jawa Pos)