Brand Finance: Merek Negara Indonesia Terbaik di Asia Tenggara

 
Brand Finance: Merek Negara Indonesia Terbaik di Asia Tenggara

Indonesia layak berbangga, Brand Finance telah merilis laporan tahunannya tentang 100 merek negara paling berharga di dunia. Perusahaan konsultan penilaian merek global ini mengevaluasi merek nasional suatu negara berdasarkan keadaan di negaranya dan ekonomi secara keseluruhan dengan mempertimbangkan berbagai faktor sosio-ekonomi.

Merek nasional “dengan kategori kuat" menunjukkan lingkungan yang sangat menarik untuk investasi, mendorong investasi masuk, menambah nilai ekspor, dan menarik wisatawan serta pekerja terampil. "Pariwisata adalah sumber pemasukan potensial utama untuk semua negara. Namun, persaingan sangat ketat dan sangat penting untuk memastikan semua titik dari merek diselaraskan untuk memberikan pengalaman terbaik,” sebut laporan Seasia.

Pada urutan pertama, Amerika Serikat menjadi merek negara paling berharga di dunia dengan nilai 25,9 triliun dollar AS. Sementara China membuntutinya di peringkat kedua dengan nilai 12,779 triliun dollar AS.

Indonesia berada di peringkat ke-16 dengan nilai 848 miliar dollar dan menjadi nomor satu di Asia Tenggara dengan urutan sebagai berikut:
1. Indonesia, peringkat 16 dunia dengan nilai merek 848 miliar dollar AS
2. Singapura, peringkat 28 dunia dengan nilai merek 530 miliar dollar AS
3. Filipina, peringkat 29 dunia dengan nilai merek 524 miliar dollar AS
4. Malaysia, peringkat 30 dunia dengan nilai merek 523 miliar dollar AS
5. Thailand, peringkat 31 dunia dengan nilai merek 509 miliar dollar AS
6. Vietnam, peringkat 43 dunia dengan nilai merek 235 miliar dollar AS
7. Myanmar, peringkat 73 dunia dengan nilai merek 52 miliar dollar AS