Pesantren Al Falah Dago Bandung

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium5
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al Falah Dago Bandung

Profil
Al Falah Dago itu sendiri, yaitu di pusat Kota Bandung yang tepatnya di Jl. Cisitu Baru No. 38 Kelurahan Dago Kec. Coblong Kota Bandung, yang dimana daerah tersebut merupakan daerah sentral pendidikan karena mengingat Jarak dari Ponpes Al Falah ke pusat pendidikan sangatlah dekat seperti ke ITB (500 m), Ke Unikom (500 m), UNISBA, UPI, STKS Dll. Oleh karena itu, santri dan santriat Al Falah kebanyakan santri/at yang sambil kuliah dan sekolah dilingkungan Al Falah.

Pesantren Al Falah dibangun secara bertahap sejak tahun1950 oleh pendirinya, yaitu almarhum Bapak KH, Saefudin Ahmad atau yang lebih dikenal denga panggilan ustadz Idi, Beliau adalah seorang pendidik yang juga aktif di pergerakkan sejak zaman penjajah Belanda. Jepang bahkan sampai zaman kemerdekaan, Beliau beberapa kali keluar masuk penjara karena perjuangannya yang konsisten untuk menegakkan Syari’at Islam. Keyakinan akan pentingnya pembangunan sumber daya insani ummat sesuai dengan teladan dari Rasulullah SAW pada tahap awal da’wahnya, bangunan yang pertamakali didirikan adalah ruang belajar (madrasah) dengan mengkhususkan pada pendidikan agama.

Kemudian setelah cukup banyak orang yang mau melakukan sholat baru dibangun mesjid, Menurut pendapatnya akan sia-sia dibangun mesjid jika belum ada orang yang mau sholat dan meramaikan mesjid tersebut. Pada tahun 1958, madrasah diniyyah Al Falah dirubah statusnya menjadi Madrasah Ibtidaiyyah Al Falah, dan Bapak Ustadz H, Saefuddin Ahmad menjadi guru agama yang diperbantukan dari Departemen Agama dan sekaligus merangkap sebagai kepala sekolah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.