Sumpah Pemuda #1: Sosok Pemuda Harapan Umat

 
Sumpah Pemuda #1: Sosok Pemuda Harapan Umat

LADUNI. ID, OPINI-Tanpa terasa Negara kita ini telah berumur kemerdekaannya 73 tahun (1945-2018). Menerawang dalam kacamata Sumpah Pemuda telah berumur hampir satu abad (1928-2018).Ini tentunya jangka waktu yang sangat memungkinkan Negara ini untuk terus bangkit dan berbenah diri walaupun realita di dalam masyarakat sangat banyak warga ini yang belum mendapatkan nikmat kemerdekaaan.

Pemerintahpun tidak boleh menutup mata dan harus peka terhadap fenomena tersebut. Terlepas dari itu semua ketika kemerdekaan telah diraih oleh para pejuang dan pahlawan serta masyarakat pendahulu.Tugas kita terutama pemuda saat ini mengisi kemerdekaan dengan tindakan dan nilai positif demi kemajuan dan kemakmuran negeri tercinta ini.

Lantas siapa diantara elemen masyarakat yang lebih banyak harus memberikan kontribusi dan peran sertanya untuk mengisi kemerdekaan?Salah satunya adalah pemuda sebagai generasi penerus bangsa.  ukan dalam pengertian elemen lain harus di kesampingkan, namun mereka merupakan sebagai insan produktif dan sebagai sosok the leader of tomorrow ( sang pemimpin masa depan).

Dalam lintasan sejarah pemuda mempunyai yang tidak sedikit dalam merebut kemerdekaan. Salah satu gerakan pemuda dibawah naungan Budi Utomo yang lahir pada 1908.Organisasi ini telah menyerukan dan mengumumkan nila-nilai  persatuan dan kesatuan pada masyarakat supaya bangsa Indonesia pada ketika itu menjadi sebuah bangsa dengan satu  kesatuan dan tidak terpetakan dalam berbagai perbedaan baik suku, ras, agama, dan lain-lain.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga .