Sumpah Pemuda #3: Pemuda Sang Jihadis Zaman Now

 
Sumpah Pemuda #3: Pemuda Sang Jihadis Zaman Now

LADUNI. ID, KOLOM- Pemuda saat ini hidup di zaman now atau yang lebih dikenal dengan era globalisasi yang terus bergulir dengan berbagai macam teknologi dan inovasi baru  plus tantangan dan godaan zaman kian hari semakin menggila dan tidak menentu. Peluit perjuangan yang telah sampai ke tangga kemerdekaan oleh pendahulu, tidak  boleh dilepas dan biarkan tanpa kontribusi dan peran serta pemuda di dalamnya.

Mereka para pemuda sebagai pemegang tongkat estafet merupakan  salah satu elemen masyarakat yang harus sangat berperan dalam “berjihad” di era globalisasi saat ini dalam terus mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.Bukan hanya itu, pemuda juga dituntut berperan dalam merevolusikan bangsa ini baik dalam dimensi jihad sosial, budaya, politik, ekonomi pendidikan dan agama maupun lainnya.

Perjuangan generasi muda sekarang tentu saja lebih besar tantangan dan rintangannya dibandingkan pendahulu, pemuda saat ini mereka bukanlah berjuang dengan letusan senjata dan mengerahkan tenaga seperti pejuang dahulu. Namun perjuangan mereka saat ini dengan mengerahkan segenap pemikiran dan kecerdasaan mental dan spiritual.

Upaya ini dilakukan untuk membendung dan mengkontribusikan diri serta mewakafkan segenap jiwa dan raga untuk bangsa ini yang kian hari semakin terpuruk di segala aspek.

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga.