Sumpah Pemuda #4: Kontribusi Pemuda Mengisi Kemerdekaan

 
Sumpah Pemuda #4: Kontribusi Pemuda Mengisi Kemerdekaan

LADUNI.ID, KOLOM-Keberadaan Indonesia dalam kancah percaturan dunia dewasa ini didukung dengan negara didunia mayoritas penduduknya beragama Islam.

Hendaknya peran pemuda Islam menjadi tongkat estafet dan pioneer besar dalam pembangunan bangsa bukan hanya pembangunan fisik terlebih pembangunan spiritual dan akhlak bangsa yang semakin terinjak dan terikis dewasa ini oleh era globalisasi dan informasi yang semakin canggih.

Disini hendakanya sosok pemuda mampu menjadi  the hero (pahlawan) dalam menyalamatkan bangsa ini. Realitanya dalam sejarah dari masa kemasa sosok pemuda memiliki andil serta kontribusi yang sangat penting terkait masalah peradaban universal, seperti yang telah disebutkan diatas, termasuk dalam membangun umat.

Pemuda sebagai The best agent of change merupakan frase yang paling tepat menggambarkan sepak terjang pemuda dalam perspektif sejarah Islam maupun dunia.

Sejarah peradaban Islam telah mencatat pemuda merupakan tonggak kebangkitan umat serta sumber kekuatan pembela terhadap aqidah dan ideologi. Islam tidak dapat di lepaskan dari sosok pemuda yang dalam bahasa agama di kenal dengan nama al-fata(pemuda).

Pertumbuhan dan perkembangan agama Islam itu sendiri karena banyaknya  peran aktif pemuda berkualitas didalamnya sebagai kader khalifatul ardhi (pemimpin dunia) dimuka bumi ini dalam memperjuang dinul islam yang telah dicetuskan  oleh Rasulullah SAW sejak 14 abad yang lalu.

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga.