Biografi Imam asy-Syarqawi

 
Biografi Imam asy-Syarqawi
Sumber Gambar: Dok. LaduniID

Daftar Isi Profil Imam asy-Syarqawi

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Memimpin Mesir
  5. Karya-Karya
  6. Chart Silsilah Sanad
  7. Referensi

1. Kelahiran

Syeikh ‘Abdullah bin Hijaz bin Ibrahim atau yang kerap disapa dengan panggilan Imam Asy-Syarqawi lahir tahun 1150H/1737M.

2. Wafat

Imam Asy-Syarqawi wafat pada hari Kamis 2 Syawwal 1227 H. Salah satu jasa beliau adalah membangun Ruwaq Syarqawiyah di masjid al-Azhar. Hidup beliau diabdikan untuk al-Azhar dan rakyat Mesir.

3. Pendidikan

Imam Asy-Syarqawi banyak menghabiskan pendidikannya dengan belajar di Universitas Al-Azhar Mesir, dan kemudian sampai menjadi salah seorang pengajar (Syeikh dari Universitas Al-Azhar itu). Kehebatan ilmu beliau diakui sehingga beliau dilantik menjadi Syeikhul Azhar pada zamannya.

Beliau adalah seorang Ulama’ Besar Syafi’iyah di Mesir pada zaman itu dan banyak mengarang kitab-kitab fiqih Syafi’i dan lain-lain kitab yang sampai sekarang masih dicetak dan disiarkan di seluruh dunia Islam.

Di al-Azhar beliau menimba ilmu kepada para ulama terkemuka sehingga beliau menjadi mufti mazhab Syafi’i. Kemudian beliau menapak jalan sufi dengan berguru kepada Syaikh al-Kurdi. Beliau hidup bersahaja dan sederhana meskipun telah dikelilingi harta dunia.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya