Sumpah Pemuda #10: Pemuda Sosok Sense Of Curiosity

 
Sumpah Pemuda #10: Pemuda Sosok Sense Of Curiosity

LADUNI.ID, KOLOM- Al-Quran sendiri telah menggambarkan sosok tipe pemuda sense of curiosity tersebut, sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

“Dan bersama dengan dia masuk pula ke dalam penjara dua orang pemuda. Berkatalah salah seorang di antara keduanya: “Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku memeras anggur.” Dan yang lainnya berkata: “Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku membawa roti di atas kepalaku, sebagiannya dimakan burung.”Berikanlah kepada kami ta’birnya; sesungguhnya kami memandang kamu termasuk orang-orang yang pandai (mena’birkan mimpi).” (QS. Yusuf [12]: 36).

Interpretasi dalam ayat ini menunjukkan tentang jati diri seorang pemuda yang memiliki sense of curiosity. akanya dengan memiliki sifat tersebut, seorang pemuda itu cenderung untuk banyak mencoba dan mempraktekan hal-hal yang berinovasi baru tentu saja yang bernilai positif.

Realita saat ini menjawab hal demikian, dikala dalam komunitas masyarakat sedang tren dengan sebuah hal baru, misalnya model pakaian, bergaya, bertingkah laku dan lainnya, maka pemuda pun mengikuti, mempraktekannya dan memakai pakaian itu.

Biarpun demikian yang perlu diperhatikan secara seksama, sense of curiosity penulis maksudkan di sini adalah rasa keingintahuan yang positif dan inovatif, bukan sebaliknya.

Ini akan memberikan sehingga demikian sang pemuda akan menimbulkan hasrat untuk mencari, menguasai dan mentransferkan  manfaatnya kepada masyarakat lainnya serta lingkungan sekitar kita.

Pemuda yang hidup di era globalisasi seperti saat ini

Harus mampu menjadikan diri pribadi yang optimis, isiqamah terhadap pekataan dan perbuatan, teguh dalam pendirian juga jangan cepat menyerah dalam ‘berjihad”.

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Dayah MUDI Masjid Raya Samalanga.