Ada Enam Syarat Memperoleh Ilmu, Harus Dipenuhi

 
Ada Enam Syarat Memperoleh Ilmu, Harus Dipenuhi

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam kehidupan, ilmu merupakan suatu hal yang sangat penting. Dengan ilmu kita bisa selamat di dunia maupun di akhirat. Akan tetapi, bagaimana cara kita untuk memperoleh ilmu tersebut? kita perlu memahaminya lebih baik, bahwa terdapat syarat yang harus dipenuhi dalam memperoleh ilmu.

أخي لن تنال العلم إلا بستة                                      

سأنبيك عن تفصيلها ببيان

ذكاء وحرص واصطبار وبلغة                                    

وصحبة أستاذ وطول زمان

– الإمام الشافعي

Imam as-Syafi’I menjelaskan dengan baitnya di atas yang berarti, “Wahai saudaraku, ilmu tidak akan diperoleh kecuali dengan enam perkara. Aku akan menyebutkan perinciannya: (yaitu) kecerdasan, ambisi, sabar, modal, bimbingan guru, dan waktu yang lama.”

1. ذكاء  (cerdas)

Kecerdasan adalah hal yang lumrah dimiliki oleh manusia. Namun dalam setiap individu memiliki kadar yang bermacam-macam sehingga dalam menuntut ilmu kadang kala ada dari mereka (penuntut ilmu) yang bisa memahami sebuah pengajaran sekali tangkap, di lain sisi kadang kala ada juga dari mereka yang memahami pengajaran dengan berkali-kali mendengarkan. Tetapi dalam memperoleh ilmu tingkat kadar kecerdasan bukanlah hal yang utama namun kecerdasan hanya diharuskan ada tanpa melihat tingkat kadarnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

Masuk ke Laduni