Pengurus Masjid At-Taubah Bulu Kraksan Gelar Pengajian Kesehatan dan Pengobatan Gratis

 
Pengurus Masjid At-Taubah Bulu Kraksan Gelar Pengajian Kesehatan dan Pengobatan Gratis

LADUNI.ID, Probolinggo -- Pengurus Masjid Jami' At-Taubah Bulu Kraksan Probolinggo Jawa Timur menggelar  pengajian kesehatan dan pengobatan gratis. Kegiatan itu terselenggara atas kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid (Unuja) Probolinggo dalam rangka menyambut maulid Nabi Muhammad SAW.

Dekan Fakultas Kesehatan Unuja, Handono Fatkhur Rahman, M. Kep., Sp. Kep.M.B., mengatakan kesehatan perlu dijaga dengan baik, karena semakin tua usia, maka kesehatan akan semakin menurun.

"Ketika sudah menurun maka berimbas pada aktivitas kita dalam melakukan ibadah," tutur Handono saat menyampaikan materi sebagai narasumber, Jumat, (2/11/2018).

Tentunya, lanjut Handono, hal tersebut tidak pernah lepas dari pola makan yang baik dan benar. Pola makan sesuai dengan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

"Maka dari itu jangan makan berlebihan," ujarnya.

Lebih jauh, Handono menerangkan tentang penyakit kronis akibat gula darah yang tidak terkontrol. "Jika gula darah tidak di kontrol dengan baik, maka akan berdampak pada penyakit kronis dan komplikasi ke orban tubuh yang lain," bebernya.

Sementara, Hj. Siti Zahrowiyah menuturkan, gelaran itu diselenggarakan dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan kepedulian kesehatan.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan bentuk kepedulian dari pengurus takmir masjid, untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat," terang Siti Zahrowiyah.

Lebih lanjut, "Ibadah dan kesehatan memiliki hubungan yang kuat. Oleh karena itu, masjid Jami' At Taubah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kesehatan," sambungnya.

Kegiatan itu ditutup dengan pemeriksaan kesehatan, tekanan darah, gula darah, asam urat dan pengobatan gratis.

(Hasan/srf)