Bulan Safar #14: Masuk Islamnya Bani Udzrah

 
Bulan Safar #14: Masuk Islamnya Bani Udzrah

LADUI.ID,HIKMAH- Allah SWT menjadikan setiap bulan sesuai dengan indikatornya masing-masing. Umpamanya bulan yang diharamkan untuk berperang dinamai dengan bulan Muharam, bulan saat pepohonan berduri dikenal dengan bulan Rajab, begitu juga dengan Safar, karena pada bulan itu orang Arab meninggalkan rumah rumah mereka dalam keadaan kosong (Kitab Hawasyi Syarwani, jilid 3, hal. 371)

Pada bulan ini, masuk Islamnya Bani Udzrah. Bani Udzrah adalah salah satu bani yang mempunyai garis keturunan sampai kepada Qushai salah satu kakek Rasulullah saw. Pada waktu itu datang kepada Rasulullah utusan dari Udzroh pada bulan Shafar, tahun kesembilan sebanyak dua belas orang.

 Di antaranya Jumrah bin an-Nu’maan. Mereka menyatakan diri memeluk Islam. Rasulullah saw kemudian menceritakan kepada mereka akan datangnya kemenangan atas Syam dan diperanginya Hiraklius hingga akhir imperiumnya.

Banyak sejarah yang lahir pada bulan mulia ini. Menurut Ibnu Qayim Al Jauziyah dalam Zaadul Maad, sesungguhnya keluarnya Rasulullah ke Khaibar adalah di akhir bulan Muharram, bukan permulaannya. Fath (kemenangannya) adalah di bulan Safar.

Perang Khaibar merupakan peperangan kaum Muslimin dengan Yahudi di Khaibar karena bersekutu denga Raja Hiraklius. Kaum Muslimin menaklukkan sebuah benteng yang berlapis, membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengepung dan menembus masuk ke benteng tersebut.

 

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi,Penggiat Literasi Asal Aceh