Aba Asnawi Lamno: Belajarlah Kepada Ulama dan Jangan Bertaklid Buta

 
Aba Asnawi Lamno: Belajarlah Kepada Ulama dan Jangan Bertaklid Buta


LADUNI. ID, ULAMA- Pada masa Imam as Sanusi sudah memperingatkan hati-hati dalam memilih guru dalam ilmu akidah, Pilih guru yang sudah dikokohkan cahaya hatinya, zuhud hatinya dari dunia. Punya perhatian kepada orang yang miskin ilmu (awam yang baru belajar) dan orang mukmin yang lemah pemahamannya. Dan di zaman ini (masa Imam as Sanusi, 9 H/15 M) sudah jarang guru punya kriteria seperti dimaksud.

Itu salah satu materi kupasan Aba Asnawi Lamno pada pengajian rutin bulanan  Alumni Dayah Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah (BUDI) Lamno, di  Balee Lhok Pawoh, pimpinan Tgk Heru Saputra,  Lambaro, Ingin Jaya, Aceh Besar. Minggu, (4/11/18).

Aba Asnawi Lamno lebih lanjut menjelaskan,  tidaklah mencukup diri dengan merasa aman dan suci dari bahaya taklid yang masih diperselisihkan dan memperkeruh iman,  kecuali orang berjiwa rendah dan ber-himmah (kemauan) hina, Seyognya muslim itu masuk ke orang-orang berilmu.

Sebagaimana Allah jelaskan dalam firman-Nya, Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah)…. (QS Ali ‘Imran : 18)

Hal senada juga disebutkan dalam sabda Rasulullah Saw dari Abu Umamah ra,
“Akan datang  fitnah di akhir zaman, di pagi hari orang berstatus mukmin dan sorenya sudah menjadi kafir, kecuali orang yang dijaga oleh Allah dengan ilmu.” (HR. at Tabrani)

Oleh karena itu hindari sebisa mungkin taklid (mengikuti pendapat  tanpa mengetahui sumber atau dalilnya) dalam Aqidah atau lebih makruf disebut ilmu kalam.

Maka hati-hatilah dalam segala dalam segala urusan yang ditempuh oleh orang berakal, apalagi terkait dengan keimanan yang merupakan modal utama manusia, yang di atasnya semua kebaikan dibangun.

Demikian antara lain, isi kajian akhir muqaddimah kitab Hasyiyah ad-Dasuqi ‘ala Ummil Baraahin, karya Al-Imam Muhammad bin Yusuf as-Sanusi yang disampaikan oleh Syaikh H Aba Asnawi Ramli Lamno  

Sumber: liputanaceh.com