Kunci Memajukan Lembaga IAIN Madura, Peningkatan Mutu SDM

 
Kunci Memajukan Lembaga IAIN Madura, Peningkatan Mutu SDM

LADUNI.id, SUMENEP - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura terus berbenah untuk menjadi lebih baik. Salah satunya ialah dengan meningkatkan mutu perguruan tinggi (PT).

Guna meraih hal itu, kampus yang dipimpin oleh H Mohammad Kosim tersebut menggelar workshop di Hotel Odaita, Ahad (11/11).  Menurut H. Kosim, kegiaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu  sumber daya manusia (SDM), utamanya di bidang pendidikan.

“Peningkatan mutu SDM, merupakan kunci penting untuk memajukan lembaga,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Agama RI,  H. Ali Rokhmad dihadirkan  sebagai pemateri terkait dengan peningkatan kinerja dan penganggaran. Menurutnya, peningkatan status kampus dari STAIN menjadi IAIN jelas berbeda. Baik dari kinerja maupun penganggarannya. Namun kualitas SDM pengelolanya sangatlah vital.

“Peningkatan kualitas PT (perguruan tinggi) tidak terlepas dari kualitas SDM yang dimiliki. Oleh sebab itu, peningkatan kualitas perilaku dan tingkah laku melalui jalur pendidikan perlu diupayakan. Selain itu juga adanya program–program pelatihan yang efektif di PT untuk meningkatkan kemampuan anggota staf akademik dalam melaksanakan kegiatan fungsionalnya, sangat dibutuhkan,” papar  Ali.

Dengan SDM yang berkualitas, tambahnya, diharapkan PT akan menjadi lembaga yang mampu menghadapi tantangan masa depan dengan efektif. Ali mengaku yakin  IAIN Madura bisa menjawab hal itu (NU Online)